Pengembangan biblioedukasi bermuatan kitab ta'lim muta'allim untuk meningkatkan etos belajar siswa SMP / Reny Wisudawati Ning Arum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan biblioedukasi bermuatan kitab ta'lim muta'allim untuk meningkatkan etos belajar siswa SMP / Reny Wisudawati Ning Arum

Arum, Reny Wisudawati Ning (2020) Pengembangan biblioedukasi bermuatan kitab ta'lim muta'allim untuk meningkatkan etos belajar siswa SMP / Reny Wisudawati Ning Arum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya etos belajar berdampak pada sikap individu yang sering melakukan plagiarisme menyontek kepercayaan diri rendah malas belajar tidak disiplin dan belajar ketika ada ujian saja. Hal ini menghambat siswa untuk mencapai keberhasilan dan keunggulan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan biblioeduaksi bermuatan kitab Ta rsquo lim Muta rsquo allim untuk meningkatkan etos belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang menggunakan model pengembangan diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg amp Gall. Prosedur pengembangan dari Borg amp Gall ada sepuluh langkah tetapi karena keterbatasan waktu dan tenaga penelitian ini hanya mengacu pada lima tahap saja yaitu dimulai dengan melakukan penelitian dan pengumpulan informasi melakukan perencanaan mengembangkan bentuk produk awal melakukan uji lapangan permulaan sampai pada melakukan revisi produk utama. Subjek penelitian ini meliputi ahli isi (BK) ahli materi (Ta rsquo lim Muta rsquo allim) ahli media calon pengguna produk dan kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan rumus Aiken rsquo s untuk menganalisis data dari uji ahli dan calon pengguna dan menggunakan pretest-posttest untuk uji kelompok kecil yang berjumlah 8 (delapan siswa). Hasil analisis data dari uji ahli dan calon pengguna dengan menggunakan rumus Aiken rsquo s menunjukkan nilai indeks validitas ahli sebesar 0 82 yang termasuk dalam kategori tinggi pada ahli bimbingan dan konseling nilai indeks validitas ahli sebesar 0 88 yang termasuk dalam kategori tinggi pada ahli materi (Ta rsquo lim Muta rsquo allim) nilai indeks validitas ahli sebesar 0 99 yang termasuk dalam kategori tinggi pada ahli media dan nilai indeks validitas ahli sebesar 0 64 yang termasuk dalam kategori sedang pada 3 (tiga) calon pengguna. Selanjutnya berdasarkan uji keefektifan panduan biblioedukasi menunjukkan nilai signifikan 0.012 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan biblioedukasi bermuatan kitab Ta rsquo lim Muta rsquo allim efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan etos belajar siswa sehingga diharapkan konselor atau guru BK dapat menggunakan panduan biblioedukasi bermuatan kitab Ta rsquo lim Muta rsquo allim untuk menigkatkan etos belajar siswa. Diharapkan juga untuk penulis selanjutnya mampu menciptakan inovasi baru dengan mengemas panduan biblioedukasi menjadi sebuah buku yang dapat digunakan secara online. Mengingat bencana non alam seperti sekarang ini. Misalnya berbentuk e-book atau aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154960

Actions (login required)

View Item View Item