Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis pada materi limit fungsi untuk siswa SMA kelas XI / Akhmad Agus Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis pada materi limit fungsi untuk siswa SMA kelas XI / Akhmad Agus Arifin

Arifin, Akhmad Agus (2012) Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis pada materi limit fungsi untuk siswa SMA kelas XI / Akhmad Agus Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul konstruktivis limit fungsi. Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Perkembangan zaman menuntut agar generasi muda lebih berkembang dalam berpikir. Proses pembelajaran di kelas akselerasi masih ditemui menggunakan buku teks dan LKS yang tidak memandang perbedaan kecepatan kemampuan berpikir siswa. Kelas akselerasi diharapkan dapat mencetak generasi baru dengan hasil belajar yang optimal dan menghemat waktu belajar. Pembelajaran melaui modul dapat memfasilitasi perbedaan kecepatan kemampuan berpikir siswa sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan waktu yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Pembelajaran modul dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran di sekolah yang menerapkan kelas akselerasi Penelitian ini mengembangkan modul dengan pendekatan konstruktivis yang bersifat mandiri disusun secara sistematis dan terarah mengenai limit fungsi agar dapat digunakan oleh siswa dan guru. Adapun tahap-tahap penyusunan modul antara lain (1) analisis pendahuluan (2) penyusunan modul (3) validasi dan revisi. Kelebihan dari modul yang dikembangkan antara lain (1) menggunakan pendekatan konstruktivis sehingga siswa dapat mengkonstruksi materi yang baru dengan menggunakan pengetahuan awal siswa (2) mempermudah belajar siswa dengan memunculkan grafik fungsi pada setiap pemasalahan (3) terdapat ilustrasi materi yang terhubung dengan kehidupan nyata sehingga memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih mendalam (4) dilengkapi dengan warna dan gambar yang bervariasi sehingga siswa tertarik untuk mempelajari materi (5) terdapat bagian merangkum sebagai sarana refleksi diri dan penguatan konsep. Hasil penyusunan modul ini diharapkan dapat menjadi alternatif sumber belajar dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis sehingga meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal terutama mengenai limit fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item