Perbandingan pemahaman perilaku sehat siswa SMP yang diintervensi dengan teknik biblioedukasi dan sinemaedukasi / Nurhidayatul Maqfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pemahaman perilaku sehat siswa SMP yang diintervensi dengan teknik biblioedukasi dan sinemaedukasi / Nurhidayatul Maqfiroh

Maqfiroh, Nurhidayatul (2020) Perbandingan pemahaman perilaku sehat siswa SMP yang diintervensi dengan teknik biblioedukasi dan sinemaedukasi / Nurhidayatul Maqfiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya remaja yang tidak melakukan perilaku sehat bahkan sampai cenderung melakukan perilaku adiktif. Perilaku sehat yang diterapkan sejak dini dapat menjadi salah satu langkah penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang lebih produktif dan berkualitas untuk masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman perilaku sehat siswa sebagai pencegahan kecanduan dengan membandingkan teknik biblioedukasi dan sinemaedukasi. Penelitian ini akan dilakukan sebanyak enam kali pertemuan pada masing-masing teknik. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian the pretest-posttest two treatment design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling berdasarkan hasil skala pemahaman perilaku sehat kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok biblioedukasi dan kelompok sinemaedukasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual berdasarkan hasil pretest dan posttest serta hasil skoring lembar refleksi sebagai penunjang hasil pretest dan posttest. Hasil analisis visual menunjukkan (1) penggunaan teknik biblioedukasi terbukti dapat meningkatkan pemahaman perilaku sehat siswa SMP (2) teknik sinemaedukasi juga terbukti dapat meningkatkan pemahaman perilaku sehat siswa SMP dan (3) penggunaan teknik biblioedukasi dan teknik sinemaedukasi sama-sama efektif untuk meningkatkan pemahaman perilaku sehat siswa SMP. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman perilaku sehat siswa meningkat setelah diberikan intervensi teknik biblioedukasi dan sinemaedukasi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi konselor adalah menggunakan teknik biblioedukasi dan teknik sinemaedukasi untuk membantu meningkatkan pemahaman perilaku sehat siswa SMP. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat tetap menggunakan teknik biblioedukasi dan teknik sinemaedukasi dengan subjek berbeda dan banyak agar kedua teknik yaitu teknik biblioedukasi dan teknik sinemaedukasi dapat digeneralisasikan untuk meningkatkan pemahaman perilaku sehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154959

Actions (login required)

View Item View Item