Zahidah, Asih Nor (2020) Keefektifan teknik paparan imaji untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah siswa SMA / Asih Nor Zahidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Marah adalah emosi dasar dan normal pada manusia. Marah menjadi permasalahan ketika frekuensi dan intensitasnya berlebihan serta diekspresikan secara tidak tepat. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah mengelola emosi yang mencakup mengelola marah. Paparan imaji adalah salah satu teknik eksposur yang merupakan bagian dari pendekatan kognitif-perilaku yang melibatkan individu untuk membayangkan situasi yang memicu marah. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik paparan imaji untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah Rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil pre-test terdapat 14 siswa yang memiliki keterampilan mengelola marah rendah. Selanjutnya subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan teknik paparan imaji dan kelompok kontrol diberikan perlakuan teknik self-instruction. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik non parametrik Wilcoxon signed-rank test dan Mann-Whitney U Test. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengetahui perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Uji Mann-Whitney digunakan untuk mengetahui perbedaan skor post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon terhadap skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0 018 gt 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor pengelolaan marah sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik paparan imaji. Adapun hasil uji Wilcoxon terhadap skor pre-test dan post-test kelompok kontrol menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0 018 gt 0 05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan skor pengelolaan marah sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik self-instruction. Selanjutnya Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0 004 gt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik paparan imaji efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah siswa SMA. Saran bagi konselor sekolah adalah dapat menggunakan teknik paparan imaji untuk mengatasi permasalahan siswa terutama masalah yang berhubungan dengan pengelolaan marah. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat mengujicobakan teknik eksposur lain dan mengujicobakan teknik paparan imaji untuk variabel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/154958 |
Actions (login required)
View Item |