pengembangan panduan bimbingan klasikal dengan teknik sinema komedi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp / riki anggrian - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan panduan bimbingan klasikal dengan teknik sinema komedi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp / riki anggrian

Anggrian, Riki Anggrian (2021) pengembangan panduan bimbingan klasikal dengan teknik sinema komedi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp / riki anggrian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggrian Riki. 2021. Pengembangan Panduan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Sinema Komedi Untuk Meningkatkan Sikap Respek Siswa SMP. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Prof. H. Im. Hambali M.Pd. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat untuk mensosialisasikan nilai ndash nilai kebajikan justru seringkali menjadi tempat yang tidak aman. Kondisi tersebut diakibatkan oleh karena intensitas konflik dan kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah terus mengalami kenaikan. Sebab itu menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan terutama elemen bimbingan dan konseling untuk meningkatkan sikap respek siswa sejak pendidikan dasar (SMP) agar tugas perkembangan siswa untuk membina hubungan persahabatan yang harmonis dapat dicapai. Pengembangan sikap respek siswa tentu membutuhkan teknik dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa kekinian agar layanan terlaksana tepat sasaran dan tepat guna. Panduan bimbingan dapat digunakan oleh konselor sebagai pedoman pelaksanaan layanan bimbingan untuk meningkatkan sikap respek siswa SMP. Sedangkan sinema komedi berfungsi sebagai media yang digunakan dalam teknik sinema edukasi. Produk ini merupakan bagian dari upaya preventive-developmental bimbingan dan konseling pada bidang pribadi dan sosial. Penelitian dan pengembangan ini memodifikasi model Research and Development ancangan Borg ang Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah namun hanya terealisasi enam langkah sesuai kebutuhan. Prosedur dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Pra pengembangan (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Validasi produk (5) Revisi Produk (6) Produk akhir. Analisis data hasil validasi produk menggunakan inter-rater agreement untuk subyek penguji lebih dari satu dan mengunakan prosentase skala untuk subyek penguji satu orang. Hasil analisis data hasil penilaian/validasi para ahli dan calon pengguna produk menunjukkan bahwa produk panduan bimbingan klasikal dengan teknik sinema komedi untuk meningkatkan sikap respek siswa SMP dapat diterima sebab telah memenuhi kriteria aspek kegunaan kelayakan ketepatan dan kemenarikan. Penelitian dan pengembangan ini meski begitu masih menyisakan beberapa kekurangan sebab itu saran dan rekomendasi perlu untuk dipaparkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154956

Actions (login required)

View Item View Item