Hubungan antara obesitas dan Self-esteem pada remaja akhir / oleh Mita Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara obesitas dan Self-esteem pada remaja akhir / oleh Mita Puspitasari

Mita Puspitasari (2006) Hubungan antara obesitas dan Self-esteem pada remaja akhir / oleh Mita Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang ditandai dengan nilai BMI 25 0 kg/m2 atau lebih. Self-esteem adalah suatu penilaian subjektif yang dibuat individu mengenai dirinya sendiri yang dipengaruhi oleh dukungan keluarga kompetisi penampilan fisik anugerah Tuhan kompetensi akademik nilai moral penghargaan dari orang lain daya tarik terhadap lawan jenis hubungan persahabatan dan perilaku secara umum. Remaja akhir yang obesitas self-esteemnya rendah karena adanya ketidakpuasan akan bentuk tubuh. Merupakan hal yang wajar bila remaja akhir memiliki perhatian yang lebih terhadap penampilan fisiknya hal ini karena orang lain cenderung menilai seseorang berdasarkan ketertarikan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara obesitas dan self-esteem pada remaja akhir. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian memiliki karakteristik yaitu berusia antara 17 - 22 tahun berjenis kelamin laki-laki dan perempuan serta memiliki kategori berat badan obesitas overweight atau normal berdasarkan BMI. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel seluruhnya berjumlah 90 orang yang terdiri dari 30 orang pada masing-masing kategori BMI. Instrumen yang digunakan adalah skala self-esteem yang terdiri dari 67 item. Nilai BMI didapat dari data tinggi badan dan berat badan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian (1) ada hubungan antara obesitas dan self-esteem dengan nilai korelasi rxy sebesar -0 365 (p 0 047 0 05) (2) tidak ada hubungan antara overweight dan self-esteem dengan nilai korelasi rxy sebesar 0 262 (p 0 170 0 05 (3) tidak ada hubungan antara normal dan self-esteem dengan nilai korelasi rxy sebesar 0 296 (p 0 119 0 05) (4) ada hubungan antara self-esteem dengan seluruh subjek penelitian dengan nilai korelasi rxy sebesar -0 347 (p 0 001 0 01). Nilai korelasi yang negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat obesitas maka akan semakin rendah self-esteem/harga diri seseorang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi remaja akhir yang obesitas untuk mengurangi obesitasnya. Selain itu ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan self-esteem misalnya dengan berprestasi dibidang akademik atau mengikuti training pengembangan kepribadian agar remaja dapat melihat dan mengembangkan aspek-aspek positif yang ada dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2006 04:29
Last Modified: 09 Sep 2006 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154949

Actions (login required)

View Item View Item