Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi integral untuk siswa kelas XII semester 1 / Chorvila Della Presty

Presty, Chorvila Della (2012) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi integral untuk siswa kelas XII semester 1 / Chorvila Della Presty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: media berbantuan komputer, luas daerah, volume benda putar Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh Hadi (2007) di SMA 1 Muhammadiyah Purwokerto, diperoleh bahwa rata-rata hasil ulangan matematika siswa pada bab integral tergolong rendah. Media berbantuan komputer dimanfaatkan untuk membuat pembelajaran materi integral menjadi lebih kaya informasi dan sekaligus lebih menarik, komunikatif, dan interaktif sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar pada siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer materi integral yang efektif sehingga dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Materi yang disajikan media adalah sub bab luas daerah dan volume benda putar. Selain itu pengembangan media ini juga bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang menarik sehingga membuat siswa merasa senang dan termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran matematika khususnya materi integral. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini mengacu pada langkah pengembangan media menurut Sadiman(2008) dengan ditambah beberapa langkah tambahan. Adapun langkah-langkah pengembangan yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut: (1) Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) Merumuskan tujuan pengembangan media, (3) Merumuskan butir-butir materi materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan, (4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) Membuat diagram alir media, (6) Membuat story board media, (7) Menulis naskah media, (8) Mengadakan tes dan revisi. Ada dua tahap validasi yang dilakukan dalam pengembangan ini. Validasi tahap pertama dilakukan oleh satu ahli media dan tiga ahli materi. Validasi tahap kedua dilaksanakan dengan subyek delapan siswa yang belum pernah mendapat materi integral sebelumnya. Hasil analisis data dari pelaksanaan validasi diperoleh bahwa media pembelajaran materi integral berbantuan komputer yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran maupun sebagai media belajar siswa mandiri dengan terlebih dahulu dilakukan perbaikan dan penambahan di beberapa bagian media. Perbaikan yang dilakukan diantaranya adalah menambahkan contoh kontekstual, memperlugas susunan kalimat dalam penjelasan materi, dan menambahkan halaman materi prasyarat pada media.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item