Pengembangan lembar kerja siswa materi kesebangunan dan kekongruenan pada kelas IX SMP dengan pendekatan kontekstual / Nurul Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa materi kesebangunan dan kekongruenan pada kelas IX SMP dengan pendekatan kontekstual / Nurul Firdaus

Firdaus, Nurul (2012) Pengembangan lembar kerja siswa materi kesebangunan dan kekongruenan pada kelas IX SMP dengan pendekatan kontekstual / Nurul Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Contextual Teaching and Learning LKS kesebangunan dan kekongruenan. Matematika merupakan pelajaran yang dikenal sulit dan abstrak oleh siswa. Suatu pendekatan pembelajaran digunakan untuk mempermudah siswa mempelajari materi Matematika. Pendekatan pembelajaran tersebut menggunakan keadaan nyata (lingkungan) dan menuntun siswa untuk menemukan suatu konsep dari hasil pemikiran sendiri. Sehingga konsep tersebut dapat selalu diingat oleh siswa dan siswa dapat menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran itu disebut Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam pelaksanaannya CTL memiliki tujuh komponen yaitu konstruktivisme (constructivism) menemukan (inquiry) bertanya (questioning) masyarakat belajar (learning community) pemodelan (modeling) refleksi (reflection) dan penilaian nyata (authentic assessment). Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL maka diperlukan bahan ajar yang sesuai. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yaitu lembar kerja siswa (LKS). Sehingga LKS yang dikembangkan adalah LKS menggunakan pendekatan kontekstual yaitu LKS yang memuat tujuh komponen CTL. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan LKS pada materi kesebangunan dan kekongruenan dengan pendekatan kontekstual yang valid dan efektif. Untuk mengetahui tingkat valid dan efektif dilakukan validasi dan uji coba. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli dan praktisi menunjukkan skor berada pada selang 80%-100% yang termasuk pada kriteria sangat valid. Tingkat keefektifan dipengaruhi oleh ketuntasan belajar dan respon siswa terhadap LKS. Ketuntasan belajar siswa ditunjukkan hasil pengerjaan latihan soal yaitu 86% siswa (enam siswa) mendapat nilai minimal 75 dan 14% siswa (satu siswa) mendapat nilai di bawah 75. Sedangkan respon siswa ditunjukkan oleh angket penilaian LKS yang menunjukkan bahwa respon siswa positif. Oleh karena itu LKS pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan dengan menggunakan pendekatan CTL dikategorikan valid dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item