Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pengajaran langsung pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X / Silvia Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pengajaran langsung pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X / Silvia Hasanah

Hasanah, Silvia (2012) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pengajaran langsung pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA kelas X / Silvia Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Model Pengajaran Langsung Trigonometri. Dari survey yang dilakukan peneliti di lapangan diperoleh bahwa beberapa guru matematika menggunakan model pembelajaran langsung di kelas namun belum menggunakan bahan ajar yang sesuai untuk diterapkan pada model pengajaran langsung. Lembar kerja siswa yang digunakan hanya berisi materi dan latihan soal belum memberikan ruang untuk mengaktifkan siswa. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru juga diperoleh fakta bahwa siswa kelas X mengalami kesulitan untuk memahami konsep awal trigonometri yaitu menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Oleh karena itu dikembangkan lembar kerja siswa yang sesuai diterapkan pada model pengajaran langsung pada materi trigonometri. Lembar kerja siswa adalah lembar kerja yang berisi tugas-tugas terstruktur dan digunakan dalam sintak model pembelajaran langsung misalnya pada bagian demonstrasi latihan terbimbing dan kerja mandiri. Model Pengajaran Langsung merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang langkah-langkah pembelajarannya meliputi 1) persiapan 2) demonstrasi guru 3) umpan balik siswa 4) latihan terbimbing dan 5) kerja mandiri. Model pengembangan LKS pada penelitian ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Sugiyono (2009) yang telah dimodifikasi. Tahapan yang dilakukan yaitu penelitian pendahuluan pengumpulan data analisis SK/KD indikator penentuan rancangan LKS mendesain LKS penelaahan oleh dosen pembimbing validasi revisi I uji coba analisis hasil uji coba dan revisi II kemudian dihasilkan produk berupa LKS. Berdasarkan hasil validasi seperti yang diuraikan pada Bab IV secara keseluruhan produk RPP dan LKS yang dikembangkan dinyatakan valid menurut penilaian validator ahli dan praktisi serta validator user.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item View Item