Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas daerah segi empat untuk kelas VII semester 2 bercirikan metode Discovery Learning / Aprilia Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas daerah segi empat untuk kelas VII semester 2 bercirikan metode Discovery Learning / Aprilia Fitriani

Fitriani, Aprilia (2012) Pengembangan modul pembelajaran keliling dan luas daerah segi empat untuk kelas VII semester 2 bercirikan metode Discovery Learning / Aprilia Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul discovery learning segi empat Setiap anak memiliki kecepatan masing-masing dalam memahami materi. Untuk membuka kesempatan belajar menurut kecepatan masing-masing siswa dibutuhkan bahan ajar yang salah satunya adalah modul. Modul merupakan suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Menurut beberapa penelitian pembelajaran dengan modul menunjukkan hasil yang baik siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan teknik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah dan mereka akan lebih mudah dalam memahami materi. Modul merupakan salah satu bahan ajar tertulis yang membahas suatu topik atau pokok bahasan yang disusun dalam bentuk tertentu serta terencana untuk keperluan belajar dan alat ukur kemampuan belajar. Dalam pembelajaran dengan modul siswa diharapkan berperan lebih aktif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung keaktifan siswa adalah metode penemuan. Discovery learning merupakan suatu cara untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui proses menemukan. Berdasarkan pada penelitian dari berbagai cabang matematika hasil pembelajaran geometri siswa masih rendah. Siswa mengalami kesulitan memahami konsep geometri salah satunya konsep keliling dan luas segi empat. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengembangkan modul materi geometri khususnya tentang keliling dan luas segi empat. Untuk memenuhi maksud ini penulis melakukan kegiatan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segi empat berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang merupakan materi siswa kelas VII semester 2. Modul pembelajaran yang dikembangkan telah diujicoba sebagai pijakan untuk melakukan revisi modul penyempurnaan dan peningkatan kualitas modul. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap. Uji coba modul tahap pertama yaitu validasi isi modul. Untuk memperoleh data pada validasi isi diperlukan penilaian dan tanggapan terhadap modul yang diperoleh dari angket yang telah diisi oleh validator yang melibatkan tiga orang subyek coba/validator yaitu seorang dosen Matematika Universitas Negeri Malang dan dua orang guru matematika Sekolah Menengah Pertama. Uji coba modul tahap kedua melibatkan subyek coba yang terdiri dari tujuh orang siswa kelas VII semester 2. Hasil uji coba modul menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid dengan rata-rata total penilaian 3 32. Walaupun sudah dinyatakan valid revisi tetap dilakukan pada beberapa bagian yang ditunjukkan oleh validator. Karakteristik modul ini yaitu (1) memuat materi keliling dan luas segi empat (2) ditujukan untuk siswa kelas VII (3) kegiatan belajar disusun dengan metode discovery learning (4) terdiri dari tiga modul kecil (5) menuntun siswa untuk dapat menemukan sendiri dan (6) valid sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item