Hubungan persepsi performansi mengajar dosen dan self efficacy dengan prestasi akdemik mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang / Ade Laressa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi performansi mengajar dosen dan self efficacy dengan prestasi akdemik mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang / Ade Laressa

Ade Laressa (2007) Hubungan persepsi performansi mengajar dosen dan self efficacy dengan prestasi akdemik mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang / Ade Laressa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi Akademik dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis dan sosial salah satu faktor psikologis yang diduga mempengaruhi prestasi akademik adalah self efficacy yaitu hasil dari proses kognitif berupa keputusan keyakinan atau pengharapan tentang sejauh mana individu memperkirakan kemampuan diri dalam melakukan tugas atau tindakan tertentu yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan sedangkan faktor sosial yang diduga mempengaruhi prestasi akademik adalah persepsi mahasiswa tentang performansi mengajar dosen yaitu pandangan mahasiswa tentang pola rangkaian tingkah laku yang ditampilkan oleh dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tentang performansi mengajar dosen tingkat Self Efficacy dan prestasi akademik mahasiswa serta untuk mengetahui hubungan persepsi performansi mengajar dosen dan self efficacy dengan prestasi akademik mahasiswa. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang yang mengikuti mata kuliah Assesmen Kepribadian 2 semester genap 2006/2007 sebanyak 94 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala Likert dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi ganda. Penelitian ini terdiri dari 2 skala yaitu skala persepsi performansi mengajar dosen dengan rentangan validitas antara 0 369-0 678 dan tingkat reliabilitas sebesar 0 9233 sedangkan skala self efficacy memiliki validitas antara 0 375-0 741 dan tingkat reliabilitas sebesar 0 9265. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang performansi mengajar dosen dan tingkat self efficacy mahasiswa mata kuliah Assesmen Kepribadian 2 termasuk dalam kategori cukup sedangkan prestasi akademik mahasiswa sebagian besar masuk kategori nilai C (taraf kemampuan 55-60%). Tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang performansi mengajar dosen dengan prestasi akademik dan Self Efficacy dengan prestasi akademik. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui persepsi performansi mengajar dosen dan self efficacy terhadap prestasi akademik secara bersama-sama tidak memberikan sumbangan yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Assesmen Kepribadian 2 karena F 0.876 p 0 05. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan bagi dosen untuk meningkatkan performansi mengajar dan bagi mahasiswa lebih meningkatkan self efficacynya agar tercipta proses belajar mengajar yang kondusif yang pada akhirnya meningkatkan kualitas belajar melalui prestasi akademik yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154903

Actions (login required)

View Item View Item