Penerapan pendekatan kontekstual dengan bantuan bahan manipulasi untuk memahamkan siswa kelas VII-A pada materi perbandingan di SMP Negeri 1 Ploso Jombang / Titin Agistina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual dengan bantuan bahan manipulasi untuk memahamkan siswa kelas VII-A pada materi perbandingan di SMP Negeri 1 Ploso Jombang / Titin Agistina

Agustina, Titin (2012) Penerapan pendekatan kontekstual dengan bantuan bahan manipulasi untuk memahamkan siswa kelas VII-A pada materi perbandingan di SMP Negeri 1 Ploso Jombang / Titin Agistina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan manipulasi pemahaman pendekatan kontekstual Berdasarkan observasi awal dan dialog yang dilakukan peneliti di kelas VII-A SMP Negeri 1 Ploso Jombang diketahui bahwa kebanyakan siswa belum mampu menerapkan rumus dalam soal 6 siswa belum bisa mengubah pecahan ke bentuk desimal 25% siswa memberikan langkah yang tidak logis pada jawaban mereka dan beberapa siswa masih salah dalam mengerjakan perhitungan aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan kontekstual berbantuan bahan manipulasi pada materi perbandingan dan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual berbantuan bahan manipulasi dapat memahamkan siswa kelas VII-A pada materi perbandingan di SMP Negeri 1 Ploso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ploso dengan subyek siswa kelas VII-A yang terdiri dari 36 siswa. Data diperoleh dari nilai hasil tes pada akhir siklus pengkajian hasil tes hasil observasi aktivitas guru dan siswa hasil wawancara dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika 80 % siswa tidak melakukan kesalahan konsep sejak awal penyelesaian presentase banyaknya siswa berkategori tuntas belajar minimal 85% dari banyaknya siswa satu kelas dengan kriteria tuntas belajar apabila nilai tes 70 dan hasil observasi aktivasi guru dan siswa minimal 75%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar sebesar 75% dan terdapat 20 siswa yang melakukan kesalahan konsep pada materi skala serta presentase rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 81 2%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 86 1% dari banyaknya siswa dalam kelas dan terdapat 13 88% siswa masih belum memahami materi proporsi. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran siklus II termasuk dalam kategori Sangat Baik Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan bahan manipulasi pada materi perbandingan dapat memahamkan siswa kelas VII-A di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15490

Actions (login required)

View Item View Item