Perbedaan hasil belajar matematika melalui pembelajaran menggunakan metode silih tanya dengan yang menggunakan metode ekspositori di SMPN 4 Malang / Dwi Romdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar matematika melalui pembelajaran menggunakan metode silih tanya dengan yang menggunakan metode ekspositori di SMPN 4 Malang / Dwi Romdiyah

Romdiyah, Dwi (2012) Perbedaan hasil belajar matematika melalui pembelajaran menggunakan metode silih tanya dengan yang menggunakan metode ekspositori di SMPN 4 Malang / Dwi Romdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar metode silih tanya metode ekspositori Di sekolah anak berlatih untuk berpikir belajar dan menyelesaikan masalah. Proses pembelajaran matematika di sekolah banyak yang menggunakan metode ekspositori.Variasi metode pembelajaran diperlukan agar siswa merasa nyaman dan tidak bosan di kelas. Metode silih tanya memiliki empat unsur pokok yaitu penyusunan masalah kompetisi permainan dan kerjasama. Sehingga dalam pembelajaran tercipta situasi yang nyaman selanjutnya diharapkan hasil belajar siswa optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode silih tanya dengan yang menggunakan metode ekspositori dan untuk mengetahui metode yang memberikan hasil belajar lebih tinggi jika kedua metode tersebut menghasilkan hasil belajar yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Reguler SMPN 4 Malang semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Siswa kelas VIII C adalah kelas ekperimen yang mendapat pembelajaran dengan metode silih tanya sedangkan kelas VIII D adalah kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Data skor hasil belajar diperoleh dari skor tes setelah proses pembelajaran berakhir Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada hasil belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode silih tanya dengan yang menggunakan metode ekspositori di SMP Negeri 4 Malang. Faktor yang mungkin menjadi penyebab tidak adanya perbedaan adalah pertama siswa kelas eksperimen kesulitan merumuskan soal soal yang diajukan kurang bervariasi dan kualitas soal rendah sedangkan di kelas kontrol siswa mendapatkan latihan soal yang diberikan oleh guru dengan soal yang bervariasi kedua berapa siswa berbuat curang kurang cakapnya peneliti dalam mengkondisikan kelas serta tipe instrument pengukuran yang digunakan kurang sesuai dengan materi. Oleh karena itu bagi peneliti lain yang hendak melaksanakan atau mengembangkan penelitian serupa hendaknya mengadakan perbaikan desain pembelajaran dalam aktifitas silih tanya dan memilih tipe instrument yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item