Kartikasari, Ayu Rizki (2012) Analisis kesalahan dan perbaikan konten matematik buku teks matematika bilingual kelas VII / Ayu Rizki Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
kata kunci analisis kesalahan konten matematik buku teks matematika bilingual. Buku teks matematika yang digunakan perlu adanya evaluasi. Evalusi ini untuk mengetahui apakah matematika dalam buku teks tersebut benar dan sesuai dengan tingkatan siswa yang akan menggunakannya. Ada empat kriteria dalam mengevaluasi buku teks matematika yang sesuai dengan karakteristik matematika yaitu (1) apakah objek matematika yang disajikan dengan benar (2) apakah simbol dan notasi lainnya digunakan secara benar dan konsisten (3) apakah konsep matematika didefinisikan secara benar dan (4) apakah istilah-istilah matematika yang digunakan didefinisikan secara benar dan dapat dimengerti. Kajian dan analisis dalam penelitian ini adalah kesalahan konten matematik pada buku teks matematika bilingual kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan rancangan deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk menanggulangi informasi yang salah dan hilang. Informasi tersebut dianalisis. Setelah dianalisis ditemukan beberapa kesalahan. Selanjutnya kesalahan diperbaiki. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama kesalahan pengungkapan fakta. Kesalahan ini terdiri atas (1) kesalahan penggunaan simbol ditemukan pada 8 data TS 8 data pada TW dan 5 data pada YT dan (2) kesalahan penggunaan istilah matematik ditemukan 7 data pada TS 4 data pada TW dan 1 data pada YT. Kedua kesalahan pengungkapan keterampilan terdiri atas (1) kesalahan dalam perhitungan ditemukan 3 data pada TS dan 1 data pada YW dan (2) prosedur penulisan yang tidak lengkap atau salah hanya ditemukan 2 data pada TS. Ketiga kesalahan pengungkapan konsep. Kesalahan ini terdiri atas (1) kesalahan mendefinisikan ditemukan 17 data pada TS 3 data pada TW dan 8 data pada YT (2) kesalahan penggunaan konsep yang tidak dikenal atau tidak konsisten hanya ditemukan 1 data pada YW dan (3) ketidaktepatan atau ketidaklengkapan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan atau syarat pada definisi ditemukan 1 data pada TS 1 data pada TW dan 1 data pada YT. Terakhir kesalahan pengungkapan prinsip yang terdiri atas kesalahan pemberian ilustrasi yang tidak sesuai ditemukan 1 data pada TS 5 data pada TW dan 1 data pada YT. Di buku TS ditemukan kesalahan konten matematik yang paling banyak. Kesalahan mendefinisikan merupakan kesalahan yang paling banyak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan penulis seharusnya merujuk rujukan yang berbahasa Inggris terstandar dan guru seharusnya menganalisis buku teks sebelum digunakan sebagai buku ajar bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |