Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi geometri ruang berbasis Van Hiele levels untuk siswa SMA kelas X semester 2 / Ratna Yulis Tyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi geometri ruang berbasis Van Hiele levels untuk siswa SMA kelas X semester 2 / Ratna Yulis Tyaningsih

Tyaningsih, Ratna Yulis (2012) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi geometri ruang berbasis Van Hiele levels untuk siswa SMA kelas X semester 2 / Ratna Yulis Tyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PBK media geometri ruang Van Hiele Levels kelas X SMA. Materi Geometri Ruang menuntut adanya kemampuan visualisasi dan analisis yang tinggi sehingga diperlukan suatu media yang mendukung aktivitas visual siswa. Pengadaan media Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang materi jarak dan memotivasi siswa untuk belajar materi jarak pada bangun ruang secara lebih mudah. Media ini berisi materi jarak pada kubus yang ditujukan untuk siswa SMA Kelas X. Media ini berbasis Van Hiele Levels yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap visualisasi analisis abstraksi deduksi dan rigor. Tetapi untuk tahap Rigor tidak digunakan dalam media ini. Media ini diujicobakan ke SMA Negeri 1 Grogol Kediri dengan mengambil 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa berkemampuan baik 3 siswa berkemampuan sedang dan 3 siswa berkemampuan kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan 8805 80% dari seluruh siswa yang menjadi subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar yaitu 8805 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan sekolah tersebut dan hasil angket siswa menunjukkan bahwa media ini efektif dengan tingkat keefektifan 8805 70%. Tipe media yang dikembangkan adalah tipe tutorial terprogram dan simulasi. Media ini terdiri dari 4 bagian utama yaitu pengantar materi contoh dan soal. Produk akhir media ini dikemas dalam bentuk CD Autorun sehingga dapat digunakan secara umum oleh guru dan siswa di sekolah atau secara mandiri oleh siswa di rumah. Berdasarkan pengembangan media ini disarankan agar dilakukan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk materi jarak atau materi-materi lain yang lebih interaktif inovatif dan berbasis dimensi tiga (3D Visual). Media ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan yang lebih lanjut sehingga diperoleh media sejenis yang lebih baik. Adapun pembuatannya sebaiknya juga memperhatikan kelemahan-kelemahan media pembelajaran berbantuan komputer yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item