Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi untuk SMP kelas VIII / Rohmat Yusufa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi untuk SMP kelas VIII / Rohmat Yusufa

Yusufa, Rohmat (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi untuk SMP kelas VIII / Rohmat Yusufa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) RME Lingkaran. Ketersediaan LKS matematika untuk SMP yang beredar dipasaran saat ini tidak dapat ditemukan. Oleh karena itu perlu disusun dan dikembangkan LKS yang berkualitas menurut kriteria tertentu. LKS yang akan dikembangkan menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran yang akan menggiring siswa memahami konsep matematika dengan mengkontruksi sendiri melalui pengetahuan sebelumnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya menemukan sendiri konsep tersebut sehingga belajarnya menjadi bermakna. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKS bercirikan RME yang valid sehingga dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran di kelas pada materi keliling dan luas lingkaran. Model pengembangan LKS pada penelitian ini mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang telah dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) penyederhanaan model yang sebelumnya terdapat empat tahap menjadi tiga tahapan saja yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop) hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu serta biaya 2) tidak semua tahapan pada model 4-D digunakan karena disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan bahan ajar yang berupa LKS. Berdasarkan hasil validasi yang telah diuraikan pada Bab IV secara keseluruhan produk LKS yang dikembangkan dinyatakan valid menurut penilaian validator ahli dan praktisi dan validator user. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria baik. Disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan LKS ini kepada siswa dalam kelompok yang lebih besar dengan menerapkan tiga prinsip dan lima karakteristik RME secara utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15485

Actions (login required)

View Item View Item