Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningktatkan aktivitas belajar Trigonometri siswa kelas X-7 SMA NEGERI 1 Pagak / Qurrotu A'yunil Hisbiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningktatkan aktivitas belajar Trigonometri siswa kelas X-7 SMA NEGERI 1 Pagak / Qurrotu A'yunil Hisbiyah

Hisbiyah, Qurrotu A'yunil (2012) Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningktatkan aktivitas belajar Trigonometri siswa kelas X-7 SMA NEGERI 1 Pagak / Qurrotu A'yunil Hisbiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Think Pair Share Aktivitas Belajar Siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan 2 guru matematika SMA Negeri 1 Pagak dan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas X-7 SMA Negeri 1 Pagak diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dengan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Akibatnya siswa hanya sekedar menerima dan cenderung menghafal materi. Aktivitas belajar siswa kelas X-7 seperti bertanya menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas yang mendukung proses pengkontruksian pengetahuan sangat kurang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-7. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar trigonometri siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas X-7 SMA Negeri 1 Pagak dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dan untuk meningkatkan aktivitas belajar trigonometri siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Pagak melalui penerapan pembelajaran Think Pair Share. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan yang diberikan berupa pembelajaran Think Pair Share yang memuat tiga tahap (1) tahap think yaitu siswa diminta untuk berpikir menyelesaikan permaslaahan yang diberikan (2) tahap pair yaitu siswa berdiskusi secara berpasangan dan (3) tahap share siswa menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 29 08% sebelum dikenai tindakan menjadi 72 37% setelah dikenai tindakan. Tujuan penelitian ini tercapai dengan diperoleh prosentase klasikal aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran Think Pair Share memenuhi kriteria minimum aktivitas 70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item