Perbedaan prestasi belajar pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team asissted individualization (TAI) dengan pembelajaran ekspositori kelas VIII SMPN 15 Malang / Ahmad Khuzaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team asissted individualization (TAI) dengan pembelajaran ekspositori kelas VIII SMPN 15 Malang / Ahmad Khuzaini

Khuzaini, Ahmad (2012) Perbedaan prestasi belajar pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team asissted individualization (TAI) dengan pembelajaran ekspositori kelas VIII SMPN 15 Malang / Ahmad Khuzaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemfaktoran bentuk aljabar prestasi belajar pembelajaran kooperatif tipe TAI pembelajaran ekspositori. Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang penting untuk dipelajari. Menurut Standar Isi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar salah satu materi aljabar yang diajarkan pada siswa SMP atau MTs kelas VIII adalah pemfaktoran bentuk aljabar. Hasil wawancara dengan salah satu guru matapelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan pada matapelajaran matematika khususnya materi pemfaktoran bentuk aljabar. Mereka masih sulit bekerja dengan pernyataan-pernyataan simbolik dalam memecahkan masalah pemfaktoran bentuk aljabar sehingga prestasi belajar matematika siswa rendah. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan tercipta proses belajar mengajar yang baik tepat efektif dan efisien. Selain itu dengan metode yang tepat siswa akan mampu memahami konsep-konsep matematika yang abstrak dengan benar. Pembelajaran yang digunakan di Indonesia saat ini adalah pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis. Salah satu model pembelajaran dengan pendekatan kontruktivis adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tipe pembelajaran TAI mengkombinasikan keunggulan pembelajaran individual dan kooperatif serta mengorganisasikan siswa dalam belajar kelompok secara aktif. Tipe pembelajaran TAI mampu beradaptasi terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa ketika memasuki kelas maupun prestasi siswa serta dapat memotivasi siswa sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa bisa ditingkatkan. Sementara itu metode pembelajaran ekspositori adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Guru memberikan keterangan terlebih dahulu tentang definisi prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah demontrasi tanya jawab dan penugasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada siswa yang belajar dengan metode ekspositori di SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian yang dipilih adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2011/2012. Pemilihan sampel dilakukan dengan menganalisis data kemampuan awal siswa melalui tes kemampuan awal. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan awal kelas VIII E yang terdiri atas 37 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII F yang terdiri atas 36 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen karena kedua kelas tersebut mempunyai rata-rata kemampuan awal yang sama dengan taraf siginfikasi 5%. Dengan demikian jumlah sampel adalah 73 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan uji Anova. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh yaitu 3 594 1 658 dan sig. (2-tailed) 0 001 0 05 sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan prestasi belajar pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada siswa yang belajar dengan metode ekspositori di SMP Negeri 15 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item