Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan linear satu variabel siswa SMP Negeri 17 Malang kelas VIIE / Indah Hardianty Fadhilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan linear satu variabel siswa SMP Negeri 17 Malang kelas VIIE / Indah Hardianty Fadhilah

Fadhilah, Indah Hardianty (2012) Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan linear satu variabel siswa SMP Negeri 17 Malang kelas VIIE / Indah Hardianty Fadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning hasil belajar persamaan linear satu variabel Metode pembelajaran matematika di SMP Negeri 17 Malang yang sering digunakan guru adalah ceramah. Guru cenderung hanya mengajarkan materi tanpa melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Di samping itu kerja sama antar siswa masih dianggap kurang sehingga siswa belum bisa mandiri dalam memahami konsep dan menyelesaikan soal. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian tentang penerapan Problem Based Learning (PBL) yaitu suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan tahap-tahap pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang pada materi persamaan linear satu variabel. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbing dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang memperoleh nilai 65 ada 24 siswa dan prosentase ketuntasan belajar siswa 63% % dengan nilai rata-rata 59 3. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 65 ada 32 siswa dan prosentase ketuntasan belajar siswa 84% dengan nilai rata-rata 72 2. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan di SMP Negeri pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) dalam penelitian ini berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa yang masuk dalam kategori Baik pada siklus 1 dan Sangat baik pada siklus2 serta hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang terhadap pembelajaran dengan PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item