Analisis kesalahan pengerjaan soal cerita matematika berbahasa Inggris pada siswa SMP Laboratorium UM melalui tahapan analisis kesalahan Newman / M. Faisal Ali

Ali, M. Faisal (2012) Analisis kesalahan pengerjaan soal cerita matematika berbahasa Inggris pada siswa SMP Laboratorium UM melalui tahapan analisis kesalahan Newman / M. Faisal Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Analisis kesalahan Newman, soal cerita, bahasa Inggris. Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal dengan guru matematika kelas RSBI SMP Laboratorium UM kelas VIIIF diketahui siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dalam bahasa Inggris. Berdasarkan data hasil nilai siswa pada materi Persamaan linier satu peubah, 10 % siswa tidak tuntas. Maka dari itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier dengan satu peubah. Dengan pengenalan bentuk kesalahan itu, diharapkan dapat mempermudah mencari solusi untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa nilai siswa diperoleh dari lembar jawaban siswa dalam tes dengan materi persamaan linier satu peubah. Data berupa bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika berbahasa Inggris diperoleh melalui wawancara terhadap siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang dapat menjawab dengan benar semua soal yang telah diberikan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat dibagi kedalam lima tahap yaitu kesalahan pada tahap membaca, pemahaman,transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. Pada tahap membaca, siswa banyak melakukan kesalahan menerjemahkan beberapa kata dalam soal, membaca kata dalam bahasa Inggris, dan membaca simbol dalam bahasa Inggris. Pada tahap pemahaman, kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan dalam menerjemahkan soal yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa mengenai susunan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Pada tahap transformasi, siswa banyak melakukan kesalahan dalam menentukan metode yakni dengan coba-coba yang dipilih akibat kurangnya pemahaman akan penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linier satu peubah. Pada tahap keterampilan proses, kesalahan yang terjadi pada siswa adalah kesalahan dalam memahami operasi pada bentuk aljabar. Pada tahap pengkodean siswa melakukan kesalahan dalam menentukan konteks soal dan kesalahan dalam menyusun kalimat yang benar dalam bahasa Inggris. Dengan memperhatikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa, ada beberapa saran yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan siswa yaitu `1) siswa diharapkan mempelajari bahasa Inggris lebih dalam lagi, khususnya yang berkenaan dengan matematika, 2) siswa diharapkan mempelajari materi persamaan linier dengan baik, dan 3) guru diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas kepada siswa untuk belajar mengenai bahasa inggris dalam matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item