Perbedaan kemampuan pemahaman teorema Pythagoras siswa SMK kelas VIII antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif model STAD dengan pembelajaran model konvensional / Siti Hermawati Fazri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan pemahaman teorema Pythagoras siswa SMK kelas VIII antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif model STAD dengan pembelajaran model konvensional / Siti Hermawati Fazri

Fazri, Siti Hermawati (2012) Perbedaan kemampuan pemahaman teorema Pythagoras siswa SMK kelas VIII antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif model STAD dengan pembelajaran model konvensional / Siti Hermawati Fazri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perbedaan Pemahaman Kooperatif Tipe STAD Konvensional Belajar Matematika tidak hanya sekedar menghapal saja saja melainkan harus pahami. Oleh karena itu filosofi pengajaran matematika perlu diperbaharui menjadi pembelajaran matematika. Maka diperlukan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran ekonomi khususnya dalam penelitian ini adalah pada materi teorema Phytagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman pembelajaran Kooperatif Tipe model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar efektivitas pembelajaran Kontekstual Tipe konvensional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment. Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Instrumen aktivitas belajar (lembar observasi aktivitas siswa) Instrumen hasil belajar (nilai Pretest dan posttest). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan uji coba kemampuan awal yang diambil dari hasil UTS dan pengambilan data dilakukan dengan pemberian pretest pemberian perlakuan (treatment) dan pemberian posttest. Data hasil penelitian kemudian dipaparkan secara deskriptif. Kegiatan analisis data dimulai dengan tahap uji prasyarat analisis hingga pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) memberikan peningkatan terhadap pemahaman siswa matematika terhadap materi teorema Phytagoras pada siswa kelas VIII di SMA Negeri 10 Malang. Karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Demikian pula dengan Pembelajaran Konvensional juga memberikan peningkatan terhadap pemahaman siswa matematika terhadap materi teorema Phytagoras pada siswa kelas VIII di SMA Negeri 10 Malang. Karena bisa meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Akan tetapi terdapat perbedaan kemampuan pemahaman yang signifikan antara Pembelajaran Kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran konvensional yang diketahui dari hasil pengujian data Gain Score pada kedua kelompok. Oleh karena itu diharapkan Guru mata pelajaran matematika dapat menerapkan pembelajaran Kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dengan alokasi waktu yang efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item View Item