Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended pada siswa kelas 3 SD Negeri Gadang 3 Malang / Gangga Nada Dwi Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended pada siswa kelas 3 SD Negeri Gadang 3 Malang / Gangga Nada Dwi Satria

Satria, Gangga Nada Dwi (2012) Penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended pada siswa kelas 3 SD Negeri Gadang 3 Malang / Gangga Nada Dwi Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Open Ended Respon Siswa Saat ini pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional ternyata masih banyak digunakan oleh guru matematika pada umumnya terutama di SD Negeri Gadang 3 Malang. Dalam hal ini pembelajaran masih terpusat pada guru karena guru hanya memberikan informasi contoh dan yang lainnya tanpa melibatkan siswa. Sehingga belum ada interaksi yang mendorong siswa untuk aktif dalam mengembangkan kreativitasnya. Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang lain yang dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan pendekatan Open Ended siswa memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah dengan beberapa cara yang benar sehingga siswa dapat mengembangkan kreativitasnya. Alasan inilah yang melatarbelakangi penelitian dengan pendekatan Open Ended di SD Negeri Gadang 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open Ended pada siswa kelas 3 SD Negeri Gadang 3 Malang (2) mendeskripsikan respon siswa kelas 3 SD Negeri Gadang 3 Malang terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan Open Ended. Pembelajaran matematika dengan pendekatan Open Ended dilaksanakan melalui tahapan-tahapan antara lain (1) tahap awal yaitu membangkitkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa (2) tahap inti terdiri dari 2 periode. periode pertama yaitu pemberian masalah Open Ended secara individu dilanjutkan dengan pemberian masalah Open Ended secara kelompok. Sedangkan periode kedua yaitu mendiskusikan hasil kerja kelompok dan (3) tahap akhir yaitu membuat suatu kesimpulan terhadap materi yang dipelajari. Dalam pembelajaran dengan pendekatan Open Ended siswa memberikan respon yang positif hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa masuk dalam kategori baik serta hasil angket siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang terhadap pembelajaran dengan pendekatan Open Ended.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item