Ernawati, Ninik (2012) Pengembangan modul persamaan garis lurus dengan memfokuskan fase eksplorasi Learning Cycle untuk Siswa SMP Kelas VIII / Ninik Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci modul Learning Cycle lima fase fase eksplorasi persamaan garis lurus. Dalam pembelajaran matematika. siswa cenderung memahami konsep secara prosedural. Siswa mengerjakan soal-soal dengan cara-cara prosedural tanpa memahami bagaimana prosedur tersebut bekerja. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan soal-soal dengan tipe berbeda. Pembelajaran matematika yang baik merupakan pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami konsep matematika sepenuhnya tidak hanya secara prosedural. Siswa dapat memahami konsep matematika dengan baik apabila siswa terlibat aktif melakukan eksplorasi untuk memahami konsep matematika. Eksplorasi merupakan suatu proses mendayagunakan segala sesuatu yang ada pada diri untuk mencapai tujuan tertentu. Ketika siswa melakukan eksplorasi berarti siswa mendayagunakan semua indra dan pengetahuan yang dimilikinya untuk mendapatkan suatu konsep baru. Hal ini menunjukkan siswa aktif mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri. Lebih lanjut siswa tidak menerima konsep secara langsung melainkan siswa berusaha memahami konsep dengan bimbingan minimal dari guru. Hal tersebut melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan modul melalui fase eksplorasi learning cycle lima fase. Fase eksplorasi merupakan salah satu fase yang terdapat pada model pembelajaran learning cycle lima fase. Modul yang dikembangkan menekankan pada fase eksplorasi learning cycle. Bentuk penekanannya dalam menyusun kegiatan belajar fase eksplorasi mengacu pada enam karakteristik fase eksplorasi. enam karakteristik fase eksplorasi meliputi (1) siswa diberikan permasalahan (2) siswa mengamati permasalahan (3) siswa mengamati permasalahan (4) siswa menganalisis permasalahan (5) siswa mengembangkan analisis dan (6) siswa menyamakan persepsi dengan siswa lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Apr 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |