Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan tahapan polya oleh siswa x MAN Wlingi pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 / Rahma Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan tahapan polya oleh siswa x MAN Wlingi pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 / Rahma Ramadhani

Ramadhani, Rahma (2012) Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita persamaan dan pertidaksamaan kuadrat berdasarkan tahapan polya oleh siswa x MAN Wlingi pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 / Rahma Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis kesalahan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan kuadrat tahapan Polya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta faktor apa yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-F MAN Wlingi. Tes tertulis sebanyak 5 soal cerita terhadap 34 siswa dengan alokasi waktu untuk mengerjakan 80 menit. Hasil tes dianalisis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Jawaban siswa yang salah dikelompokkan kedalam kesalahan yang sama. Setelah itu dipilih 10 siswa yang melakukan kesalahan untuk diwawancarai. Wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan langkah Polya untuk menganalisis penyelesaian soal matematika. Peneliti menyimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada masing-masing tahap yaitu 1) tahap pemahaman soal yaitu siswa salah dalam menuliskan yang ditanyakan dan data yang diketahui dalam bentuk kata-kata sederhana atau simbol siswa salah tidak menjawab soal dan siswa tidak lengkap dalam menuliskan yang ditanyakan dan yang diketahui dari soal 2) tahap perencanaan langkah penyelesaian yaitu siswa salah dalam memodelkan soal siswa salah kerena tidak menuliskan rumus/cara dan siswa salah dalam menuliskan rumus misalnya kurang lengkap dalam menuliskan rumus/cara 3) tahap pelaksanaan langkah penyelesaian yaitu siswa salah dalam operasi atau perhitungan siswa salah dalam memasukkan data serta siswa salah karena tidak melanjutkan langkah selesaian 4) tahap peninjauan kembali yaitu siswa salah dalam menyimpulkan yaitu siswa salah dalam menuliskan jawaban atau bahkan siswa tidak menulis kesimpulan dan siswa salah karena tidak memeriksa kembali. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan adalah siswa tidak memahami materi dengan baik siswa tidak memahami soal cerita siswa kurang memahami materi-materi yang sebelumnya pernah diajarkan siswa tidak teliti dalam mengerjakan siswa kurang cermat dalam membaca soal siswa tidak dapat membagi waktu dengan baik saat mengerjakan soal. Berdasarkan penelitian ini disarankan 1) guru meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan kesalahan penyelesaian soal yang dilakukan siswa 2) guru disarankan juga memberikan soal yang merupakan aplikasi dari konsep ii persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 3) guru hendaknya memastikan materi prasyarat sudah dikuasai siswa 4) guru pada pembelajaran matematika dapat menyajikan setiap gagasan ataupun soal (masalah) yang mengarah pada penguasaan konsep 5) siswa hendaknya sering berlatih menyelesaikan soal selain soal biasa juga soal dalam bentuk soal cerita 6) siswa hendaknya benar-benar memahami materi sebelumnya yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item