Meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle kelas VIII D SMPN 8 Malang / Raka Pratama D. - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle kelas VIII D SMPN 8 Malang / Raka Pratama D.

Djunaedy, Raka Pratama (2012) Meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle kelas VIII D SMPN 8 Malang / Raka Pratama D. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keaktifan model pembelajaran learning cycle Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal dengan guru matematika kelas VIIID SMPN 8 Malang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran matematika di kelas tersebut masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti prosentase siswa yang aktif sebesar 35% dengan kategori keaktifan berada dalam tahap kurang baik . Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran learning cycle. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran learning cycle yang dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Dengan penelitian ini diharapkan adanya solusi untuk masalah keaktifan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMPN 8 Malang yang terdiri dari 43 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat melalui model pembelajaran learning cycle. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. prosentasi nilai rata-rata keaktifan siswa pada observasi awal adalah 35% dengan kategori kurang baik dan siklus I adalah 43 25% dengan kategori cukup baik kemudian meningkat pada siklus II sebesar 65 07% dengan kategori baik . Melalui pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle siswa menjadi lebih tertantang untuk memahami sendiri materi yang disampaikan. Rasa percaya diri siswa juga bertambah dalam menyampaikan jawaban dan pendapat saat diskusi kelas. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran semakin meningkat karena siswa merasa senang dan termotivasi dengan adanya pemberian reward bagi yang paling aktif dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item