Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto / Abdul Rhozaq - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto / Abdul Rhozaq

Rhozaq, Abdul (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gedeg Mojokerto / Abdul Rhozaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) aktivitas belajar siswa. Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 9 September 2011 dengan guru Matematika SMPN 1 Gedeg Mojokerto kelas VIII D diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran yang digunakan masih cenderung menggunakan metode ekspositori yang menyebabkan siswa menjadi pasif. peneliti mendapatkan data bahwa selama proses pembelajaran yang dilakuakn dengan metode ekspositori peneliti mencatat hanya terdapat 2 siswa yang sering aktif bertanya dan 6 siswa berperan aktif dalam mengerjakan tugas dari guru sedangkan siswa yang lain hanya mendengarkan saja bahkan ada beberapa siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya dan tidak mendengarkan penjelasan guru dan pertanyaan temannya. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Gedeg Mojokerto dengan subjek siswa kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus Siklus satu terdiri dari tiga pertemuan dan siklus dua terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII D SMPN 1 Gedeg Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu 1.) guru mengajukan pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran dan meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri jawaban yang telah diberikan oleh guru (Think) 2.) siswa bekerja dalam masing-masing kelompoknya dimana kelompok sudah ditentukan dan dibentuk oleh guru. Kelompok tersebut terdiri dari pasangan yang heterogen kemampuan akademik dan jenis kelaminnya kemudian setiap kelompok diberikan nomor dada Pada tahap ini siswa menyelesaikan dan mengerjakan masalah dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah di berikan oleh guru (Pair) 3.) Setelah masing-masing siswa bekerja dengan pasangannya pada tahap ini siswa dari masing-masing pasangan di minta untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka laksanankan. Pada tahap ini siswa melakukan berbagi dengan pasangan-pasangan yang lain (Share). Aktivitas siswa adalah segala kegiatan pembelajaran baik aktivitas kooperatif (kerjasama) maupun aktivitas individu yang dilakukan oleh siswa kelas VIII D SMPN 1 Gedeg selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis aktivitas yang diteliti dalam proses pembelajaran adalah meliputi 1) Visual activities 2) Oral activities 3) Listening activities 4) Motor activities 5) Writing activities 6) Mental activities 7) Emotional activities. Aktivitas tersebut mendukung segala bentuk kegiatan yang terkait dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share(TPS). Aktivitas belajar siswa diukur dengan lembar observasi sesuai dengan tahapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pada penelitian ini aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yang hanya mencapai 43 33% atau 13 siswa yang aktif menjadi 76 67% atau 23 siswa aktif pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII D SMPN 1 Gedeg Mojokerto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item