Pengembangan permainan edukatif berbasis komputer pada materi permutasi dan kombinasi / Olief Ilmandira Ratu Farisi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan edukatif berbasis komputer pada materi permutasi dan kombinasi / Olief Ilmandira Ratu Farisi

Farisi, Olief Ilmandira Ratu (2012) Pengembangan permainan edukatif berbasis komputer pada materi permutasi dan kombinasi / Olief Ilmandira Ratu Farisi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci permainan edukatif permainan komputer permutasi kombinasi. Permutasi dan kombinasi dipelajari siswa pada kelas XI sebagai prasyarat sebelum mempelajari materi peluang. Dengan mempelajari permutasi dan kombinasi siswa dapat menentukan banyaknya ruang sampel pada suatu kejadian tertentu. Namun mayoritas siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan penggunaan konsep antara permutasi dengan kombinasi. Terbatasnya waktu juga menyebabkan guru tidak dapat menjelaskan satu per satu kepada tiap siswanya mengenai kesulitan mereka. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer yang dapat membebaskan siswa untuk beraktivitas interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan suatu permainan edukatif yang dapat digunakan untuk mempelajari permutasi dan kombinasi. Permainan edukatif ini memuat materi kaidah penjumlahan kaidah perkalian notasi faktorial permutasi kombinasi dan latihan soal. Pemain diminta untuk menemukan banyak kemungkinan dari beberapa masalah yang serupa. Dari masalah tersebut pemain dibimbing untuk menyimpulkan mengenai suatu konsep yang bersesuaian. Media permainan edukatif ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS5. Model pengembangannya berorientasi pada model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap identifikasi masalah tahap desain dan tahap pengembangan dan implementasi. Pada proses validasi dipilih satu dosen dan satu guru matematika untuk Ahli Materi satu dosen untuk Ahli Media dan enam orang siswa sebagai Pengguna. Dari hasil analisis data dinyatakan bahwa Permainan Edukatif Berbasis Komputer pada Materi Permutasi dan Kombinasi dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Selanjutnya media ini dipaketkan dalam bentuk compact disc (CD) sehingga dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Media ini dapat berjalan pada Operating System Microsoft Windows XP atau versi yang lebih baru dengan rekomendasi spesifikasi komputer Intel Atom 1.6GHz atau prosesor yang lebih cepat dan space sisa harddisk 30 MB. Media ini dapat digunakan oleh siswa untuk membantu memahami permutasi dan kombinasi. Bagi guru media ini berguna untuk membantu pembelajaran permutasi dan kombinasi. Sedangkan bagi peneliti lain media ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik lagi pada materi matematika lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item