Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII / Indra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII / Indra Pratama

Pratama, Indra (2012) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII / Indra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran berbantuan komputer garis sudut. Berdasarkan hasil lesson study di SMPN 2 Malang didapatkan bahwa media pembelajaran membuat siswa menjadi antusias dan senang. Dari hasil refleksi pembelajaran guru SMPN 2 Malang menyarankan untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih interaktif dan mencakup materi yang lebih lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika SMP. Media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut ini dapat digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materi matematika SMP. Media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut ini juga dapat digunakan langsung oleh siswa. Model pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer ini melalui beberapa tahap yaitu (1) menentukan tujuan (2) mengumpulkan bahan acuan (3) mempelajari isi (4) mendesain tampilan (5) membuat flowchart program (6) membuat storyboard (7) pemrograman (8) evaluasi (9) validasi dan (10) revisi. Uji validasi yang dilaksanakan adalah validasi dengan dua subjek validasi yang terdiri dari satu orang ahli media dan beberapa pengguna. Instrumen validasi yang digunakan berupa angket tertutup berbentuk chek list yang disertai dengan komentar dan saran. Data diolah dengan teknik deskriptif persentase dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase. Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis dan sudut ini secara keseluruhan memenuhi kriteria valid. Ahli media menyarankan agar dilakukan perbaikan dari segi tampilan dan ditambahkan jenis soal pada bagian soal tes. Sedangkan pengguna menyarankan agar ditambahkan petunjuk yang lebih jelas untuk penggunaan busur dan jangka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item