Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar segitiga dan segiempat siswa kelas VII MTs. Surya Buana Malang / Benny Banyu Nan Nirmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar segitiga dan segiempat siswa kelas VII MTs. Surya Buana Malang / Benny Banyu Nan Nirmala

Nirmala, Benny Banyu Nan (2011) Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar segitiga dan segiempat siswa kelas VII MTs. Surya Buana Malang / Benny Banyu Nan Nirmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Realistic Mathematics Education (RME) Segitiga dan Segiempat Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MTs. Surya Buana Malang diketahui bahwa siswa kelas VII B cenderung kesulitan dalam memahami materi segitiga dan segiempat hal ini ditunjukkan dengan adanya fakta yaitu rata-rata ujian matematika siswa pada tahun sebelumnya yang rendah yaitu 69 85 dan presentase ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 55 44%. Lebih lanjut diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas masih berpusat pada guru sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang antusias saat mengikuti pembelajaran bahkan siswa lebih fokus menghafalkan rumus secara instan daripada proses pembelajaran itu sendiri. Memahami adanya masalah tersebut perlu kiranya dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan senang dalam belajar serta tidak hanya memahami materi sebatas rumus yang tertulis di buku teks saja dalam hal ini peneliti menerapkan Realistic Mathematics Education (RME). RME merupakan suatu pendekatan yang memfasilitasi siswa dengan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan siswa untuk menemukan ide matematika melalui permasalahan sehari-hari. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan hasil belajar segitiga dan segiempat siswa kelas VII MTs. Surya Buana Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 April 2011 hingga 19 April 2011 dengan subyek penelitian adalah kelas siswa kelas VII B MTs. Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penerapan RME pada pembelajaran bangun ruang prisma dan limas dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan dilakukan pembelajaran luas permukaan prisma dan limas. Setelah dilakukan refleksi dari pembelajaran pada Siklus I dilaksanakan Siklus II (2 pertemuan) dengan materi yaitu segitiga dan segiempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran segitiga dan segiempat menggunakan RME telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai tes dan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu berturut-turut adalah 81 13 dan 90 32%. Respon siswa terhadap pembelajaran segitiga dan segiempat menggunakan RME adalah positif. Siswa senang dan antusias dalam belajar. Saran yang dapat diberikan adalah RME layak dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di sekolah dan dalam pelaksanaannya hendaknya guru/peneliti memperhatikan pengelolaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item