Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XI program ilmu pengetahuan alam / Ahmad Lutfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XI program ilmu pengetahuan alam / Ahmad Lutfi

Lutfi, Ahmad (2011) Analisis kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XI program ilmu pengetahuan alam / Ahmad Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesalahan penyajian objek matematika buku teks matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran matematika di sekolah adalah kualitas buku teks matematika yang digunakan. Berdasarkan pengalaman dan beberapa penelitian yang telah dilakukan ditemukan banyak kesalahan pada penyajian objek matematika pada buku teks diantaranya isi yang kurang lengkap urutan materi yang tidak s esuai dengan kurikulum dan penggunaan konsep yang tidak konsisten. Pada penelitian ini penulis mengkaji 3 buku teks matematika SMA kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam yaitu PPS YWL dan ERN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penyajian materi pada buku teks dengan kurikulum dan juga mendeskripsikan kesalahan dan perbaikan penyajian objek matematika pada buku teks matematika yang dijadikan sebagai objek kajian. Kesalahan penyajian objek matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan dalam menyajikan objek matematika (fakta konsep prinsip dan keterampilan). Kegiatan utama penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis isi buku teks. Analisis isi adalah suatu cara untuk memeriksa isi dokumen secara objektif dan sistematis. Dari pengkajian yang dilakukan didapatkan bahwa penyajian materi pada buku PPS dan ERN sudah sesuai dengan kurikulum yaitu dengan persentase kesesuaian untuk buku PPS 89% dan buku ERN 78%. Sedangkan buku YWL kurang sesuai yaitu dengan persentase 63%. Untuk kesalahan penyajian objek matematika pada masing-masing buku teks yaitu dengan rincian (1) kesalahan penyajian fakta ditemukan pada buku PPS sebanyak 6 data pada buku ERN sebanyak 4 data pada buku YWL sebanyak 17 data (2) kesalahan penyajian konsep ditemukan pada buku PPS sebanyak 17 data pada buku ERN sebanyak 25 data pada buku YWL sebanyak 7 data (3) kesalahan penyajian prinsip ditemukan pada buku PPS sebanyak 4 data pada buku ERN sebanyak 4 data pada buku YWL sebanyak 2 data dan (4) kesalahan penyajian keterampilan ditemukan pada buku PPS sebanyak 9 data pada buku YWL sebanyak 9 data. Berdasarkan hasil pengkajian ini ditemukan kesalahan objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Saran-saran yang dapat diberikan yaitu (a) guru sebaiknya mempelajari tentang kebenaran objek matematika yang disajikan pada buku teks yang akan digunakan dan (b) untuk peneliti selanjutnya pengkajian terhadap buku teks matematika SMA perlu dikembangkan dalam rangka mengkaji aspek matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item