Kesalahan konsep matematika dan perbaikannya pada buku matematika SMP kelas VIII / Siti Khoiruli Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan konsep matematika dan perbaikannya pada buku matematika SMP kelas VIII / Siti Khoiruli Ummah

Ummah, Siti Khoiruli (2011) Kesalahan konsep matematika dan perbaikannya pada buku matematika SMP kelas VIII / Siti Khoiruli Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesalahan Konsep Matematika Konsep Matematika Perbaikan Konsep matematika Buku Matematika SMP Prestasi pendidikan matematika di Indonesia dalam kompetisi matematika dan sains internasional yaitu TIMSS lebih rendah daripada negara lain yang mengikuti TIMSS. Peningkatan prestasi pendidikan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki sarana dan prasarana yang merupakan standar kualitas pendidikan. Salah satu bentuk sarana pendidikan adalah buku teks. Buku teks pelajaran berperan dalam proses belajar peserta didik karena digunakan sebagai salah satu sumber belajar. Buku teks pelajaran matematika masih belum optimal karena masih ada kesalahan konsep matematika yang termuat pada buku teks dan sering diabaikan oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian hasil kajian pustaka pada buku teks. Penelitian dilakukan dengan cara menentukan objek penelitian yaitu buku teks kemudian menentukan kriteria dan indikator kesalahan konsep. Selanjutnya mengkaji dan memperbaiki kesalahan konsep sesuai buku rujukan yang ditentukan yang relevan. Setelah itu data kesalahan disajikan dalam bentuk tabel. Objek penelitiannya adalah buku teks pelajaran matematika yang digunakan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII di Kabupaten Jombang dan disimbolkan dengan DN NA SW dan MS. Kriteria kesalahan konsep yang digunakan yaitu kesalahan dalam mendefinisikan konsep kesalahan membedakan contoh dan bukan contoh kesalahan pada penggunaan ilustrasi untuk menjelaskan definisi kesalahan dalam mengungkapkan semesta pembicaraan pada definisi kesalahan dalam mengungkapkan istilah dan kesalahan dalam penulisan notasi. Wujud kesalahan konsep matematika didasarkan pada kriteria dan indikator kesalahan konsep matematika yang telah ditetapkan. Perbaikan kesalahan dari kesalahan konsep matematika didasarkan pada buku rujukan yang relevan. Data kesalahan konsep yang ditemukan pada buku DN yaitu 14 kesalahan buku NA mempunyai 11 kesalahan buku SW mempunyai 9 kesalahan dan buku MS mempunyai 5 kesalahan. Hasil kajian pustaka pada buku teks Matematika Kelas VIII yaitu wujud kesalahan konsep matematika perbaikan kesalahan konsep matematika dan frekuensi kesalahan konsep. Frekuensi kesalahan konsep terbanyak termuat pada buku DN sedangkan paling sedikit terdapat pada buku MS. Saran yang dapat diberikan yaitu setiap pendidik dan peserta didik harus mengoreksi buku teks yang digunakan sebagai bahan acuan belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item