Pengembangan media e-learning interaktif untuk memberikan pemahaman siswa SMA kelas XII IPA dalam menyelesaikan soal-soal materi integral / Syaiful Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning interaktif untuk memberikan pemahaman siswa SMA kelas XII IPA dalam menyelesaikan soal-soal materi integral / Syaiful Hidayat

Hidayat, Syaiful (2011) Pengembangan media e-learning interaktif untuk memberikan pemahaman siswa SMA kelas XII IPA dalam menyelesaikan soal-soal materi integral / Syaiful Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan media media pembelajaran E-Learning multimedia interaktif integral. Menurut hasil wawancara dengan salah seorang guru matematika SMA Panjura Malang selama ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi integral adalah dengan metode ceramah dan tanya jawab. Dalam pembelajaran tersebut siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi integral terutama pada penggunaan sifat-sifat(aturan) pengintegralan. Banyaknya sifat-sifat (aturan) dalam pengintegralan menuntut siswa untuk memahami semuanya. Hal inilah yang terkadang menurunkan motivasi siswa untuk mempelajari materi tersebut ditambah lagi sistem pengajaran yang selalu belajar hanya dari buku paket pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media pembelajaran salah satu upaya yang menarik dicoba adalah pemanfaatan teknologi komputer (software) untuk merancang media dan bahan pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan dinamis sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu tujuan penulisan ini adalah mengembangkan media e-Learning interaktif berbantuan komputer pada materi integral kelas XII SMA program IPA yang dapat memberikan pemahaman langkah demi langkah penyelesaian suatu permasalahan integral. Model pengembangan yang digunakan terdiri atas persiapan pembuatan desain program penyusunan algoritma program pembuatan storyboard penulisan program evaluasi scenario pembelajaran uji coba dan revisi. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data hasil analisis yang diperoleh menggambarkan apakah multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan memenuhi ketiga aspek kualitas yaitu valid praktis dan efektif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi untuk ahli media ahli materi dan kuesioner untuk subjek coba. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis validitas kepraktisan dan keefektifan. Analisis validtas menghasilkan rata-rata skor Va sebesar 3 54 yang menunjukkan bahwa dari segi materi maupun tampilan media ini telah valid. Analisis kepraktisan menghasilkan pernyataan dari para validator bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Data jawaban benar pada latihan soal siswa menunjukkan baha medi adapat digunakan dengan sedikit revisi. Sehingga dapat dikatakan media telah praktis. Analisis keefektifan menunjukkan bahwa 80% dari seluruh subjek coba yang mencoba media E-Learning ini telah memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran denga media E-Learning. Rata-rata prosentase respon siswa (RS) untuk semua pertanyaan sebesar 85 71% yang menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia sangat positif. Sehingga media dapat dikatakan telah efektif. Saran untuk pemanfaatan produk yaitu agar nantinya media e-Learning berbantuan maplet ini dapat digunakan sebagai alternatif cara membantu siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan materi integral secara langkah demi langkah. Selain itu dengan memanfaatkan program maplet ini diharapkan pengajar juga dapat memanfaatkannya dalam mencari solusi yang tepat dari soal-soal materi integral dan terhindar dari kesalahan perhitungan. Saran untuk diseminasi (penyebaran) produk yaitu agar nantinya produk ini dapat tersebar luas ke seluruh daerah sehingga nantinya juga dapat membantu saudara-saudara kita yang berada di pelosok negeri yang mungkin SDM nya masih membutuhkan perhatian kita. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu diharapkan kelak masih tetap ada pihak yang mau mengembangkan produk serupa atau bahkan lebih canggih dan tak hanya membahas materi integral saja tetapi juga materi-materi yang lain yang kemungkinan besar juga bisa dibuat. Produk-produk yang akan dikembangkan kedepan diharapkan lebih memiliki unsur interaktifitas yang tinggi dan kenyamanan dalam penggunaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item