Pengembangan bahan ajar penunjang berbasis E-Learning pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VII / Aswinda Ria Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar penunjang berbasis E-Learning pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VII / Aswinda Ria Agustin

Agustin, Aswinda Ria (2011) Pengembangan bahan ajar penunjang berbasis E-Learning pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VII / Aswinda Ria Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar e-Learning kubus dan balok Moodle. Materi kubus dan balok merupakan materi yang kelihatannya mudah akan tetapi siswa sering terjebak ketika menjawab soal. Pada tahap observasi ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih belum bisa memahami konsep materi kubus dan balok dengan benar. Mereka cenderung menghafal rumus tanpa mengetahui bagaimana proses rumus tersebut diperoleh. Akibatnya ketika diberikan soal yang telah dimodifikasi jawaban mereka sebagian besar adalah salah. Oleh karena itu penulis ingin mengembangkan suatu bahan ajar tentang materi kubus dan balok yang dapat mengonstruksi pengetahuan siswa. Selain hasil observasi faktor lain yang melatarbelakangi pengembangan ini adalah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang masih jarang digunakan dalam pembelajaran. Penulis mengembangkan suatu bahan ajar berbasis e-Learning yang dikembangkan dengan mengunakan software Moodle. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan bahan ajar penunjang berbasis e-Learning pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII (2) mendeskripsikan cara pengujian untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar penunjang berbasis e-Learning pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Bahan ajar penunjang berbasis e-Learning ini telah diuji kevalidannya. Subjek uji coba dalam pengembangan ini terdiri dari lima orang validator dan beberapa siswa sebagai pengguna uji coba produk. Kelima validator tersebut adalah satu dosen Matematika dan dua guru Matematika SMP (ahli di bidang materi pembelajaran) satu dosen Matematika dan satu guru TIK SMP (ahli di bidang media). Siswa yang dipilih adalah sepuluh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen. Dari data kuantitatif hasil analisis data hasil validasi Ahli Materi dan Ahli Media didapatkan persentase validasi adalah 94 27% dan 90 38% dengan kriteria valid. Sedangkan dari data kuantitatif hasil analisis data hasil uji coba oleh pengguna didapat presentase kevalidan adalah 82 17% dengan kriteria valid. Data kualitatif yang berupa saran dan komentar dari validator dan pengguna dijadikan pertimbangan peneliti dalam revisi media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item View Item