Pengembangan modul pembelajaran sudut dengan pendekatan experiencing untuk siswa MTS kelas VII semester II / Rukti Hidayah Cahya Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran sudut dengan pendekatan experiencing untuk siswa MTS kelas VII semester II / Rukti Hidayah Cahya Utami

Utami, Rukti Hidayah Cahya (2011) Pengembangan modul pembelajaran sudut dengan pendekatan experiencing untuk siswa MTS kelas VII semester II / Rukti Hidayah Cahya Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul pendekatan experiencing sudut. Modul adalah suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan modul siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan tehnik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Dengan adanya modul siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pokok bahasan sudut. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi sudut merupakan salah satu materi untuk siswa MTS kelas VII semester II. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan modul ini adalah experiencing. Pendekatan experiencing (mengalami) adalah pendekatan di mana siswa menemukan sendiri rumus dan menghubungkan pengalaman-pengalaman sebelumnya serta benda-benda disekitarnya dengan materi pelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan telah diujicoba sebagai pijakan untuk melakukan revisi modul. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap. Uji coba modul tahap pertama melibatkan subyek uji coba yaitu satu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan dua guru matematika Sekolah Menengah Pertama. Uji coba modul tahap kedua melibatkan subyek uji coba yang terdiri dari lima siswa SMP. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu (1) materi yang disajikan sesuai dengan KTSP (2) tampilan modul menarik dan (3) kegiatan belajar yang disajikan mengacu pada pendekatan experiencing. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu (1) pengembangan modul ini hanya terbatas pada materi sudut oleh karena itu diharapkan ada tindak lanjut pengembangan modul untuk materi yang lain (2) disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan modul ini kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas agar dapat diketahui tingkat keefektifannya (3) diharapkan guru Sekolah Menengah Pertama mencoba menggunakan produk pengembangan modul ini dalam pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan (4) guru dapat mengembangkan modul ini sesuai dengan kondisi sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15455

Actions (login required)

View Item View Item