Analisis kesalahan dan perbaikan pengungkapan objek matematika pada buku teks matematika kelas X / Sudrajad Wahyu Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dan perbaikan pengungkapan objek matematika pada buku teks matematika kelas X / Sudrajad Wahyu Prasetya

Prasetya, Sudrajad Wahyu (2011) Analisis kesalahan dan perbaikan pengungkapan objek matematika pada buku teks matematika kelas X / Sudrajad Wahyu Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesalahan Pengungkapan Objek Matematika Objek Matematika Buku teks. Buku teks merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran matematika di sekolah. Hal ini yang mendorong pemerintah melalui PP No. 19/2005 pasal 43 ayat (5) melakukan standarisasi kualitas buku teks. Pasal tersebut menyatakan Kelayakan isi bahasa penyajian dan kegrafikaan buku teks pelajaran dinilai oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri . Namun pada kenyataanya masih ditemui buku teks matematika yang kurang berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari kelayakan isinya yang masih banyak terjadi kesalahan dalam pengungkapan objek matematika. Kenyataan ini diperkuat oleh beberapa penelitian tentang buku teks yang semuanya menyimpulkan memang terjadi banyak kesalahan pada buku teks matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan pengungkapan objek matematika dan memperbaiki kesalahan tersebut. Buku teks matematika yang dianalisis adalah buku teks matematika kelas X yaitu YM WK ER dan BG. Dari keempat buku teks tersebut hanya BG yang merupakan buku teks yang berstandarisasi pemerintah. Kekeliruan pengungkapan objek matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan pengungkapan fakta konsep prinsip dan keterampilan pada buku teks dengan objek matematika yang sebenarnya. Dari pengkajian yang dilakukan banyak kesalahan pengungkapan objek matematika pada masing-masing buku teks yaitu YM sebanyak 25 data dengan rincian kesalahan fakta sebanyak 6 data konsep sebanyak 6 data prinsip sebanyak 7 data dan keterampilan sebanyak 6 data WK sebanyak 22 data dengan rincian kesalahan fakta sebanyak 3 data konsep sebanyak 9 data prinsip sebanyak 7 data dan keterampilan sebanyak 3 data ER sebanyak 19 data dengan rincian kesalahan fakta sebanyak 3 data konsep sebanyak 6 data prinsip sebanyak 9 data dan keterampilan sebanyak 1 data dan BG sebanyak 14 data dengan rincian kesalahan fakta sebanyak 1 data konsep sebanyak 9 data prinsip sebanyak 3 data dan keterampilan sebanyak 1 data. Berdasarkan hasil pengkajian ini ditemukan kesalahan pengungkapan objek matematika di semua buku teks yang dikaji. Buku YM mempunyai kesalahan terbanyak di antara buku-buku yang lain. Sedangkan buku BG mempunyai kesalahan paling sedikit hal ini dikarenakan buku BG setidaknya telah dikaji oleh BSNP. Saran-saran yang dapat diberikan diantaranya guru maupun siswa hendaknya tidak hanya mengacu pada satu buku teks dan mencermati terlebih dahulu bagaimana pengungkapan objek matematika yang tertera buku teks tersebut dan sebaiknya menggunakan buku teks yang telah dianjurkan oleh pemerintah setidaknya buku tersebut telah dikaji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item