Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 6 Malang kelas X pada materi trigonometri / Tri Kasmiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 6 Malang kelas X pada materi trigonometri / Tri Kasmiyati

Kasmiyati, Tri (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 6 Malang kelas X pada materi trigonometri / Tri Kasmiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Hasil Belajar Trigonometri Peranan guru sangat penting dalam perbaikan pembelajaran misalnya dalam hal menetapkan metode pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan tujuan dan materi pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan seorang guru matematika kelas X SMA Negeri 6 Malang pembelajaran yang sering dilakukan di kelasnya dilakukan dengan menjelaskan tentang materi tersebut kemudian siswa mengerjakan soal-soal matematika bersama teman kelompoknya kemudian menuliskan jawabannya di papan tulis. Ternyata melalui pembelajaran seperti ini nilai untuk pelajaran matematika kurang memuaskan khususnya pada materi trigonometri. Siswa yang berhasil mencapai KKM berkisar 50%. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X di SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penilaian hasil belajar dilihat dari aspek kognitif. Hasil belajar dikatakan meningkat apabila lebih dari atau sama dengan 75% dari banyaknya siswa di kelas memperoleh nilai tes lebih dari atau sama dengan 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus 1 siswa yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 21 siswa dan 9 siswa yang tidak tuntas. Sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 70% sedangkan pada akhir tes siklus 2 siswa yang mencapai kriteria tuntas sebanyak 24 siswa dan 6 siswa yang tidak tuntas. Sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 80%. Hasil ini sekaligus memberikan gambaran bahwa penelitian ini telah mencapai kriteria keberhasilan dimana jumlah siswa yang mencapai kriteria tuntas melebihi 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 6 Malang kelas X pada materi trigonometri. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tidak hanya diterapkan pada materi trigonometri tetapi juga diterapkan pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item