Penerapan pendekatan kontekstual melalui strategi react untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-C pada materi kubus dan balok di SMPN 4 Malang / Ayu Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual melalui strategi react untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-C pada materi kubus dan balok di SMPN 4 Malang / Ayu Fauziah

Fauziah, Ayu (2011) Penerapan pendekatan kontekstual melalui strategi react untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-C pada materi kubus dan balok di SMPN 4 Malang / Ayu Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap kegiatan pembelajaran di SMPN 4 Malang diperoleh data bahwa pemahaman siswa tentang materi bangun ruang terutama kubus dan balok masih tergolong kurang. Permasalahan tersebut diduga karena pembelajaran di kelas yang tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga penyerapan materi menjadi kurang dan tidak optimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan Pendekatan Kontekstual melalui Strategi REACT yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pendekatan Kontekstual Melalui Strategi REACT adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang dimulai dengan pemberian masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi kubus dan balok kemudian dihubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari dan diaplikasikan untuk memecahkan permasalahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Malang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-C. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan kontekstual melalui strategi REACT yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-C pada materi kubus dan balok. Penerapannya terdiri dari 5 kegiatan inti yaitu (a) tahap relating guru mengulang kembali materi prasyarat kemudian memberikan motivasi kepada siswa (b) tahap experiencing siswa melakukan rangkaian kegiatan yang merupakan bagian dari proses mengalami (c) tahap applying cooperating siswa melaksanakan diskusi kelas untuk membahas penyelesaian pada tahap experiencing dan applying (e) tahap transferring REACT dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi kubus dan balok. Peningkatan terlihat dari kemampuan siswa ketika mengerjakan soal pada tahap transferring siswa lebih mudah menangkap apa yang diinginkan pada soal dan lebih cepat ketika mengerjakan soal serta porsi kemampuan siswa pada saat mengerjakan soal tes siklus 2 hampir merata. siswa diberikan soal tantangan dalam konteks yang baru tetapi masih terkait dengan materi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual melalui strategi siswa mengaplikasikan rumus yang didapatkan pada tahap experiencing untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan penggunaan luas permukaan dan volume kubus serta balok dalam kehidupan sehari-hari (d) tahap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item View Item