Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang / Wulan Silviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang / Wulan Silviani

Silviani, Wulan (2011) Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang / Wulan Silviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan dialog dengan guru matematika SMP Negeri 7 Malang diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran matematika di kelas. Banyak siswa yang kurang bersemangat ketika pelajaran berlangsung kemauan untuk berusaha dan bertanya bila ada tugas maupun soal yang sulit juga kurang banyak siswa yang merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan berhubungan dengan banyak rumus sehingga sulit untuk dimengerti. Hal ini dikarenakan kecenderungan guru menyajikan materi secara final sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan. Dari beberapa permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan model Quantum Teaching dengan harapan dapat menjadikan belajar matematika lebih bermakna dan menyenangkan. Sehingga dapat membuat siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran matematika di kelas dengan interaksi antara guru dan siswa terjalin dengan baik. Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching untuk melihat motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 43 siswa. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2011. Data yang diambil adalah data motivasi belajar yang diperoleh melalui angket/kuisioner dan data aktivitas belajar melalui observasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa. Peningkatan ini ditunjukkan dari data hasil angket motivasi siswa sebelum dan setelah diberi tindakan. Skor rata-rata motivasi awal siswa sebelum diberi tindakan sebesar 2 88 dan setelah diberi tindakan pada siklus I 3 48 siklus II 3 74. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63 28% dan siklus II 82 03%. Dengan demikian pembelajaran Quantum Teaching dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item View Item