Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui tindakan guru berdasarkan tahapan Newman pada siswa kelas VIII bilingual di SMP Laboratorium UM Malang / Dian Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui tindakan guru berdasarkan tahapan Newman pada siswa kelas VIII bilingual di SMP Laboratorium UM Malang / Dian Kristanti

Kristanti, Dian (2011) Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui tindakan guru berdasarkan tahapan Newman pada siswa kelas VIII bilingual di SMP Laboratorium UM Malang / Dian Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Meningkatkan soal cerita matematika tindakan guru Tahapan Newman bilingual. Kelas bilingual saat ini telah menjadi incaran para orang tua untuk memajukan pendidikan putra-putrinya. Siswa kelas bilingual dianggap memiliki kemampuan lebih dibandingkan siswa lain. Namun hasil wawancara informal terhadap beberapa guru matematika bilingual diketahui bahwa kemampuan siswa dalam matematika khususnya dalam menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok masih cukup rendah. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal tersebut. Fakta menunjukkan bahwa rata-rata skor ulangan harian dengan topik menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok di kelas VIII bilingual SMP Laboratorium UM masih belum mencapai SKM yang ditentukan sekolah dan lebih dari 50% siswa belum mencapai SKM. Salah satu cara meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa bilingual adalah dengan pemberian tindakan oleh guru berdasarkan tahapan Newman. Tahapan Newman diadaptasi dari metode Analisis Kesalahan Newman dimana dalam menyelesaikan soal cerita melalui lima tahapan yaitu membaca (reading) memahami (comprehension) metode (transformation) prosedur (process skill) dan penulisan jawaban akhir (encoding). Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Apakah kesalahankesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Tahapan Newman dan (2) Apakah tindakan guru berdasarkan Tahapan Newman yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIIIF SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Diharapkan penelitian ini nantinya akan bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama guru sebagai bahan pertimbangan untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena dilakukan berdasarkan masalah yang ada dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIF sebagai kelas bilingual di SMP Laboratoriun Universitas Negeri Malang berjumlah 23 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik sederhana dan analisis deskriptif terhadap data kemampuan menyelesaikan soal cerita Data hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan berbagai kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika antara lain tidak mengerti arti kata sulit tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap tidak menuliskan atau salah dalam menuliskan metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal cerita salah dan tidak teliti dalam melakukan perhitungan serta tidak menuliskan jawaban akhir secara lengkap. Bantuan yang diberikan guru yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa antara lain meminta siswa membaca kembali soal dengan cermat meminta siswa mengartikan soal dalam Bahasa Indonesia menanyakan yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap menanyakan konsep dan nama rumus atau formula yang digunakan untuk menyelesaikan soal meminta siswa lebih teliti meminta siswa menuliskan arti simbol yang ditulis meminta siswa memeriksa kembali jawabannya. Berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dan hasil penelitiam diperoleh fakta bahwa penelitian ini dapat disimpulkan berhasil. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tindakan guru berdasarkan Tahapan Newman dapat meningkatkan kemampuan siswa bilingual dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesalahan terbanyak siswa terjadi pada tahap process skills. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa antara lain siswa mengerti konteks tetapi tidak tidak dapat menuliskan arti/representasi dengan tepat tidak melihat konteks kalimat dan salah dalam struktur kalimat representasi kesalahan konsep matematika kurang lengkap dalam menuliskan jawaban akhir. Tindakan guru sesuai dengan kesalahan yang dilakukan siswa diantaranya adalah meminta siswa membaca kembali soal dengan cermat memahami konsep yang dipelajari dan meminta siswa memeriksa kembali jawabannya. Beberapa saran yang diajukan terhadap penelitian ini adalah (1) Menerapkan pembelajaran dengan tindakan guru berdasarkan tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita (2) Memperhatikan dan meminimalisir berbagai kendala dalam pembelajaran dengan Tahapan Newman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15443

Actions (login required)

View Item View Item