Pengembangan modul pembelajaran SPLDV beracuan pada standar proses sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ika Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran SPLDV beracuan pada standar proses sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ika Yunita

Yunita, Ika (2011) Pengembangan modul pembelajaran SPLDV beracuan pada standar proses sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ika Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul alternatif pembelajaran matematika standar proses Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Setiap siswa memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda. Ada siswa yang kecepatan belajarnya tinggi namun ada juga siswa yang kecepatan belajarnya rendah. Pembelajaran dengan modul merupakan suatu alternatif pembelajaran yang menjadi solusi untuk permasalahan ini. Berdasarkan kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) karena belum memahami konsepnya. Oleh karena itu penulis terdorong untuk mengembangkan modul SPLDV Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu modul pembelajaran SPLDV yang beracuan pada standar proses (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Modul yang beracuan pada standar proses adalah modul yang memuat proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi. Pada proses eksplorasi siswa dilibatkan secara aktif dalam mencari informasi yang luas untuk memahami materi yang dipelajari. Pada proses elaborasi siswa diberi kesempatan untuk berpikir menganalisis dan menyelesaikan masalah secara individu. Pada proses konfirmasi siswa diberikan kegiatan mengecek kebenaran hasil yang diperoleh pada proses eksplorasi atau elaborasi. Modul yang dikembangkan telah melalui dua tahap uji coba. Subjek uji coba tahap I yaitu dua dosen matematika dan satu guru matematika. Subjek uji coba tahap II yaitu enam siswa kelas VIII. Hasil uji coba tahap I atau validasi isi menyatakan bahwa semua komponen modul yang meliputi aspek kelayakan isi standar proses keterbacaan sajian dan tampilan telah valid. Hasil uji coba tahap II atau validasi empirik menyatakan bahwa modul yang dikembangkan sudah sesuai dan bagus. Disarankan modul ini dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif sumber belajar. Untuk pengembangan lebih lanjut disarankan untuk mengujicobakan hasil pengembangan pada kelompok sedang dan besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item