Memahamkan siswa kelas VII tentang segiempat dengan menggunakan peta konsep / Indah Maya Lukitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan siswa kelas VII tentang segiempat dengan menggunakan peta konsep / Indah Maya Lukitasari

Lukitasari, Indah Maya (2011) Memahamkan siswa kelas VII tentang segiempat dengan menggunakan peta konsep / Indah Maya Lukitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Peta Konsep Segiempat Berdasarkan hasil dialog antara peneliti dan guru matematika kelas VII-H SMP Negeri 20 Malang diperoleh informasi bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep segiempat. Kesulitan yang dimaksud dapat dilihat dari 3 skor ulangan harian siswa kelas VII-H tentang pokok bahasan segiempat yang masih belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimum) kelas di SMP Negeri 20 Malang. Peneliti juga mengetahui bahwa kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran segiempat (a) siswa sulit mendefinisikan konsep segiempat misal jajargenjang adalah segiempat yang memiliki 2 sisi yang sejajar dan 2 sisi yang sama panjang (b) siswa biasanya cenderung menghafal definisi dan sifat-sifat segiempat sesuai dengan catatan selama pembelajaran segiempat (c) siswa sulit menjelaskan cara memperoleh rumus luas daerah segiempat misal siswa tidak tahu alasan rumus luas daerah jajargenjang adalah sama dengan panjang alas dikali tinggi dari jajargenjang (a x t). Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 20 Malang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan peta konsep yang dapat memahamkan siswa tentang segiempat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan dari hasil pengerjaan lembar kerja siswa hasil pengerjaan lembar peta konsep segiempat hasil pengerjaan tes akhir siklus hasil lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran hasil lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Data yang ada dianalisis dibahas dan ditarik kesimpulan yang sesuai. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran segiempat dengan menggunakan peta konsep selama 7 pertemuan yaitu siswa menjadi paham tentang segiempat. Siswa mampu mendefinisikan segiempat siswa mampu menentukan sifat segiempat dan tidak ada kesalahan konsep segiempat yang memprihatinkan. Hal yang perlu diperhatikan selama melakukan penelitian yaitu guru perlu memantapkan kemampuan siswa untuk membuat dan memahami peta konsep terlebih dahulu guru perlu mengatur waktu pembelajaran dengan tepat guru perlu membiasakan siswa untuk tidak malu dalam hal mempresentasikan hasil kerjanya di kelas dan menentukan kelompok belajar yang dapat mendukung terlaksananya pembelajaran segiempat dengan menggunakan peta konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item View Item