Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi kelas XI IPA / Ulumul Umah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi kelas XI IPA / Ulumul Umah

Umah, Ulumul (2011) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi kelas XI IPA / Ulumul Umah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa Pembelajaran Berbasis Inkuiri Limit Fungsi. Pembelajaran berbasis inkuiri dapat mendorong siswa aktif terlibat dalam proses menemukan suatu konsep. Lembar Kegiatan Siswa merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam penerapan pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi. Oleh karena itu LKS untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi dikembangkan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi kelas XI IPA yang valid praktis dan efisien (2) menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa untuk pembelajaran berbasis inkuiri pada materi limit fungsi kelas XI IPA yang valid praktis dan efisien. Pengembangan LKS mengacu pada model pengembangan Plomp dengan beberapa penyesuaian. Langkah pengembangan meliputi investigasi awal produksi validasi revisi stelah validasi uji coba LKS uji kepraktisan uji keefisienan dan revisi setelah analisis hasil uji coba. LKS telah divalidasi oleh dua dosen matematika Universitas Negeri Malang. Uji coba melibatkan tiga siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kediri. Hasil validasi menunjukkan LKS yang dikembangkan valid tetapi ada beberapa bagian yang perlu direvisi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan praktis menurut guru tetapi belum praktis menurut siswa. Sedangkan hasil uji keefisienan menunjukkan bahwa ada bagian-bagian LKS yang harus direvisi. Revisi setelah uji coba dilakukan berdasarkan hasil uji keparaktisan dan uji keefisienan. Kelebihan LKS yang telah dikembangkan yaitu (1) sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Kasar KTSP (2) LKS memberikan stimulus bagi siswa untuk aktif berpikir (3) tampilan LKS menarik. Adapun kelemahan LKS yang telah dikembangkan terdapat pada aspek bahasa. Beberapa pertanyaan dalam LKS ini tidak mudah dipahami oleh siswa. Saran pemanfaatan dan pengembangan produk lebih lanjut antara lain (1) peneliti lain sebaiknya mengembangkan produk serupa untuk materi lain dan (2) peneliti yang mengembangkan produk serupa sebaiknya melakukan uji coba pada suatu kelas dan melakukan uji coba tahap lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item