Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tahapan analisis kesalahan Newman untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa bilingual kelas X SMAN 1 Malang / Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tahapan analisis kesalahan Newman untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa bilingual kelas X SMAN 1 Malang / Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas

Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tahapan analisis kesalahan Newman untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa bilingual kelas X SMAN 1 Malang / Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Tahapan Analisis Kesalahan Newman Prestasi Belajar Siswa Bilingual Salah satu program RSBI yaitu adanya kelas bilingual dimana materi disampaikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sedangkan bahan ajar disajikan dalam bahasa Inggris. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika SMAN 1 Malang diperoleh informasi bahwa siswa bilingual kelas X-3 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris khususnya dalam hal pemahaman istilah matematika berbahasa Inggris dan ketelitian siswa dalam perhitungan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Analisis Kesalahan Newman dan mendeskripsikan pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Analisis Kesalahan Newman yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Tindakan yang diberikan berupa penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Analisis Kesalahan Newman yang memuat lima tahapan yaitu tahap membaca tahap memahami tahap transformasi tahap keterampilan proses dan tahap penulisan jawaban. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbahasa Inggris berdasarkan tahapan Analisis Kesalahan Newman mengalami penurunan yaitu tahap menuliskan jawaban akhir (dari 34 06% ke 21 16%) keterampilan proses (dari 27 48% ke 21 01%) transformasi (dari 18 42% ke 11 43%) memahami (dari 8 65% ke 6 53%) dan membaca (dari 7 03% ke 3 19%). dan (2) prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berbahasa Inggris mengalami peningkatan karena (a) rata-rata skor akhir seluruh siswa pada siklus I sebesar 80 73 telah mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) dan banyak siswa yang mendapat nilai SKM telah mencapai 75% dari banyak siswa keseluruhan dan (b) keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif berbasis Analisis Kesalahan Newman telah mencapai taraf terlaksana dengan baik . Selain itu pemantapan pembelajaran dan perbaikan kekurangan-kekurangan pada siklus I telah tercapai dengan adanya tindakan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15436

Actions (login required)

View Item View Item