Pendekatan pembelajaran realistics mathematic education (RME) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP 10 Malang / Rofiq Widiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan pembelajaran realistics mathematic education (RME) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP 10 Malang / Rofiq Widiyawati

Widiyawati, Rofiq (2011) Pendekatan pembelajaran realistics mathematic education (RME) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP 10 Malang / Rofiq Widiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Realistics Mathematics Education (RME) penalaran. Berdasarkan wawancara dan pengakuan guru matematika kelas VIII F SMPN 10 Malang metode yang sering digunakan guru pada pembelajaran matematika adalah belajar mandiri yang mengacu pada metode penemuan terbimbing. Karakter siswa yang sulit mengikuti pembelajaran membuat pembelajaran matematika menjadi tidak bermakna sehingga siswa masih menggunakan hafalan sebagai solusi belajar mereka. Dari hasil analisis ulangan harian dan tes awal untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa menunjukkan bahwa siswa masih lemah untuk bernalar. Siswa sering lupa pada materi-materi yang sudah pernah diajarkan sehingga siswa masih kesulitan dalam menghubung-hubungkan ide-ide atau konsep yang ada sehingga menyulitkan siswa dalam mencari solusi atau penyelesaian serta siswa masih lemah dalam menarik kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan RME untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas VIII F SMPN 10 Malang pada materi persamaan garis lurus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 10 Malang yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Peneliti menggunakan nilai tes yang telah dirancang untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dari masing-masing siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran yang dicapai siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa tang tuntas belajar adalah 84 09% atau sebanyak 37 siswa sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 93 18% atau sebanyak 41 siswa dengan nilai rata-rata kelas naik dari 66 08 (untuk nilai Pretest siklus I) dan 72 93 (untuk nilai postest I siklus I) menjadi 78 00 (nilai postest II siklus II). Menurut ketuntasan pembelajaran yang diterapkan di SMPN 10 Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas VIII F SMPN 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item