Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay stray (TSTS) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga di SMP Negeri 4 pare / Rizqi Andrianata

Andrianata, Rizqi (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay stray (TSTS) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga di SMP Negeri 4 pare / Rizqi Andrianata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : model pembelajaran Two Stay Two Stray, segitiga, prestasi belajar. Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) yaitu suatu teknik yang memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Struktur Two Stay Two Stray (TSTS) yaitu dalam satu kelompok terdiri dari empat siswa yang nantinya dua siswa bertugas sebagai pemberi informasi bagi tamunya dan dua siswa lagi bertamu ke kelompok yang lain secara terpisah. Siswa tidak hanya dapat bekerjasama dengan anggotanya dalam satu kelompok saja tetapi dua atau tiga orang anggota dapat bertamu ke kelompok lain untuk saling berbagi hasil jawaban atau informasi. Dengan demikian, anggota yang menemui kesulitan yang tidak dapat dipecahkan oleh anggota dalam suatu kelompok, maka dapat memecahkan kesulitan itu dengan cara bertamu ke kelompok lain. Setelah itu tamu kembali ke kelompok masing-masing. Kemudian dalam belajar kelompok tersebut siswa saling membantu sampai semua anggota kelompok memahami dari tugas yang diberikan oleh guru karena pada akhirnya nanti akan diadakan tes individu. Hasil observasi awal yang dilakukan bahwa di kelas VII-B SMP Negeri 4 Pare menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa masih di bawah standar ketuntasan belajar minimal yaitu kurang dari 67. Siswa banyak mengalami kesulitan dalam materi segitiga yaitu menentukan tinggi segitiga sehingga sulit menghitung luasnya, dan menganggap alas segitiga adalah sisi yang berada di bawah. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, yaitu metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Pare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran TSTS yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi segitiga di SMP Negeri 4 Pare. Untuk menentukan ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklus, skor tes dari setiap siklus dibandingkan dengan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) perseorangan dan klasikal. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui TSTS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa diukur dengan skor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal dari data awal, siklus I, dan siklus II. Skor rata-rata diperoleh hasil 60.75, 69.05, dan 75.5 dan presentase ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil 25%, 60%, dan 92,5%. Pada akhir siklus II terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar yaitu skor tes kurang dari 67 sehingga perlu diberikan pembelajaran remidi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15434

Actions (login required)

View Item View Item