Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas XI Program Studi IPA semester 1 / Nabilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas XI Program Studi IPA semester 1 / Nabilah

Nabilah (2011) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi trigonometri untuk siswa SMA kelas XI Program Studi IPA semester 1 / Nabilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran interaktif trigonometri SMA Latar belakang pengembangan ini adalah adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi trigonometri terutama dalam menggunakan rumus dalam pemecahan masalah. Fakta tersebut didapat dari rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 01 Batu dalam tes materi trigonometri. Selama ini pembelajaran materi trigonometri di SMAN 01 Batutidak pernah menggunakan komputer sehingga dengan dikembangkannya media pembelajaran berbantuan komputer pemahaman siswa terhadap materi diharapkan akan bertambah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi trigonometri untuk siswa kelas XI program studi IPA yang valid dan praktis dan (2) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi trigonometri untuk siswa kelas XI program studi IPA yang valid dan praktis. Dalam mengembangkan media pembelajaran peneliti menggunakan model pengembangan media Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) menentukan tujuan dan kebutuhan (2) mengumpulkan bahan acuan (3) mempelajari isi (4) membangkitkan ide (5) mendesain pembelajaran (6)membuat flowchart materi (7) membuat storyboard pada kertas (8) memprogram materi (9) membuat materi pendukung dan (10) evaluasi dan revisi. Proses validasi dilakukan oleh dua ahli dari dosen matematika dan dua ahli dari guru mata pelajaran matematika. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan melalui uji coba kelompok kecil siswa SMA kelas XI program studi IPA. Hasil analisis data dari lembar validasi adalah media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 83 04% artinya media pembelajaran memiliki kriteria valid. Hasil dari angket uji coba menunjukkan respon positif siswa sebesar 87 5% artinya media pembelajaran ini memiliki kriteria praktis untuk digunakan. Dari respon positif siswa yang ditunjukkan setelah menggunakan media disarankan perlunya dikembangkan media pembelajaran berbatuan komputer untuk materi lain sehingga siswa lebih termotivasi dalam kelas dan lebih tertarik untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item View Item