Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Malang / Dewi Masna Sofiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Malang / Dewi Masna Sofiani

Sofiani, Dewi Masna (2011) Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Malang / Dewi Masna Sofiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci realistic mathematic education komunikasi matematis. Berdasarkan pengalaman peneliti selama praktek mengajar di SMPN 1 Malang dan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika SMPN 1 Malang yaitu Ibu Koesniah diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika diminta untuk mengungkapkan ide-ide matematis yang dimiliki terutama ketika siswa diminta untuk mengungkapkannya secara lisan. Bukan hanya siswa berkemampuan rendah saja yang mengalami kesulitan ini tapi siswa yang berkemampuan sedang dan tinggi pun banyak yang masih merasa malu dan kurang percaya diri kalau diminta menjelaskan hasil pekerjaannya di depan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B SMPN 1 Malang dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah realistic mathematisc education yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data diperoleh dari hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan lembar kerja siswa hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan tes lisan dan tulis hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar validasi instrumen dan perangkat. Data tersebut dianalisis selanjutnya dibahas dan pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan realistic mathematics education selama tujuh pertemuan adalah meningkatnya komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari jawaban siswa ketika tes lisan yang menunjukkan siswa sudah mulai terbiasa mengungkapkan ide matematisnya secara lisan. Hasil tes tulis dan jawaban yang dituliskan siswa pada LKS juga menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi tulis siswa meningkat. Siswa juga sudah aktif berdiskusi dan berpendapat. Bahkan mereka bisa menemukan konsep matematika tentang segiempat dari hasil diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item