Pengembangan perangkat ajar materi sistem persamaan linier dua variabel yang kontekstual untuk siswa SMP RSBI / Arista Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat ajar materi sistem persamaan linier dua variabel yang kontekstual untuk siswa SMP RSBI / Arista Dewi

Dewi, Arista (2011) Pengembangan perangkat ajar materi sistem persamaan linier dua variabel yang kontekstual untuk siswa SMP RSBI / Arista Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perangkat ajar pendekatan kontekstual RSBI. Pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Perangkat ajar dikembangkan untuk membantu guru RSBI dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Perangkat ajar berupa RPP dan LKS yang kontekstual ini dapat mewujudkan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa. LKS yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa. Tujuan pengembangan ini adalah tersusunnya perangkat ajar materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang valid praktis dan efektif serta kontekstual untuk siswa SMP RSBI. Pengembangan perangkat ajar ini menggunakan model pengembangan menurut Suhartono. Prosedur pengembangan perangkat ajar melalui tahap-tahap yaitu (1) analisis situasi awal (2) pengembangan rancangan perangkat ajar (3) penulisan perangkat ajar dan (4) penilaian perangkat ajar. Berdasarkan hasil analisis pengembangan keseluruhan aspek penilaian yaitu (1) kevalidan (2) kepraktisan (3) keefektifan perangkat ajar dinyatakan valid praktis dan efektif. Dengan demikian perangkat ajar yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai perangkat ajar dalam pembelajaran Matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk siswa SMP RSBI. Walaupun secara keseluruhan perangkat ajar yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif tetapi sebagai penyempurnaan perangkat ajar ada beberapa revisi yang dilakukan oleh pengembang berdasarkan saran dan kritik yang diberikan oleh dosen dan guru. Saran untuk pengembangan perangkat ajar selanjutnya diharapkan guru bidang studi Matematika untuk RSBI dapat menerapkan produk pengembangan ini pada siswa SMP RSBI. Selain itu diharapkan pada pengembang yang lain untuk dapat mengembangkan perangkat ajar lainnya seperti silabus dan buku pedoman untuk guru SMP RSBI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15424

Actions (login required)

View Item View Item