Utami, Fajar Widya Ari (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe team assited individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang / Fajar Widya Ari Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif TAI keaktifan Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas masih terdapat siswa yang tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang menarik dan masih kurangnya pemahaman siswa yang mengakibatkan rasa percaya diri siswa kurang. Berkaitan dengan permasalahan di atas peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yaitu pembelajaran yang menggabungkan belajar individu dan kelompok yang digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar individu. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu memahami materi dan mengerjakan soal secara individu sehingga pemahaman siswa makin terasah selanjutnya siswa berdiskusi dengan kelompok untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing dan saling membantu dalam memahami materi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masing-masing siswa yang berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri siswa sehingga siswa mau terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 8 Malang dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan penelitian hingga pelaporan data. Proses PTK terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi yang berpedoman pada lembar observasi. Lembar observasi yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui ketepatan tindakan guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Selain itu untuk mendapatkan data keaktifan belajar siswa digunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa yang diamati oleh observer untuk mengetahui keaktifan belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dan lembar penilaian keaktifan antar siswa yang digunakan untuk mengetahui keaktifan setiap siswa dalam kelompok yang diamati oleh anggota lain dalam satu kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan ini ditunjukkan dengan persentase skor keaktifan belajar siswa yang diamati melalui lembar observasi keaktifan yaitu 70 48% pada siklus I menjadi 87 62% pada siklus II dan persentase skor keaktifan belajar siswa yang diamati melalui lembar penilaian keaktifan antar siswa yaitu 81 96% pada siklus I menjadi 95 75% pada siklus II. Selain itu pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada siklus I dengan persentase 75 59% menjadi 97 17% pada siklus II. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe TAI ini layak dikembangkan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15423 |
Actions (login required)
View Item |