Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII-E di MTsN Kota Blitar / Agustin Nafelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII-E di MTsN Kota Blitar / Agustin Nafelia

Nafelia, Agustin (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII-E di MTsN Kota Blitar / Agustin Nafelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tipe TAI kemampuan berpikir kreatif Di era globalisasi ini teknologi berkembang sangat cepat sehingga menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut. Untuk dapat beradaptasi tersebut dibutuhkan kreativitas. Untuk itu di sekolah perlu dikembangkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas sehingga siswa mampu menghadapi perkembangan teknologi yang cepat tersebut. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas VII-E di MTsN Kota Blitar kurang memiliki kreativitas dalam pelajaran matematika. Secara akademik siswa di MTsN Kota Blitar memiliki kemampuan yang heterogen. Dari kondisi tersebut siswa dengan karakteristik kemampuan yang sama cenderung mengelompok menjadi satu. Hal itu mengakibatkan siswa tidak dapat saling bertukar pikiran dan kreativitas siswa tidak dapat berkembang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu bentuk belajar kooperatif yang memanfaatkan potensi individu dengan didahului belajar individual. Siswa terlebih dahulu memahami materi dan mengerjakan soal open ended secara individu dilanjutkan berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing. Dengan masalah open ended diharapkan dapat bermanfaat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sebab data yang diperoleh dideskripsikan secara verbal dan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilaksanakan di MTsN Kota Blitar kelas VII-E semester genap tahun pelajaran 2011-2012. Data diambil dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung dan hasil catatan lapangan. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap akhir siklus dilakukan tes untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan membentuk kelompok yang hetereogen. Selanjutnya siswa diberi permasalahan open ended pada tahap student creative. Pada tahap itu lah kemampuan berpikir kreatif siswa muncul dan berkembang pada tahap team study yaitu saling bertukar pikiran dengan anggota kelompok yang lain. Kemudian hasil diskusi kelompok dipresentasikan di depan kelas. Dari pembelajaran kooperatif tipe TAI yang telah dilakukan diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa pada kategori cukup baik dengan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 28 18% yang terdiri dari persentase kemampuan berpikir lancar sebesar 45 35% persentase kemampuan berpikir luwes sebesar 22 26% persentase kemampuan berpikir orisinil sebesar 12 79%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item